Arab Saudi Catatkan 25 Juta Pengguna Bus di Makkah Selama 2022 

Ahad , 01 Jan 2023, 22:40 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Ilustrasi lalu lintas Arab Saudi. Arab Saudi memberikan layanan transportasi memadai jamaah di Makkah
Ilustrasi lalu lintas Arab Saudi. Arab Saudi memberikan layanan transportasi memadai jamaah di Makkah

IHRAM.CO.ID, MAKKAH – Komisi Kerajaan Arab Saudi untuk Kota Makkah dan Tempat Suci mengumumkan, 25 juta pria dan wanita menggunakan bus di Makkah selama 2022 melalui 12 rute. 

 

Terkait

Selain itu juga ada 438 tempat pemberhentian yang disediakan sebagian bagian dari layanan transportasi umum. 

Baca Juga

CEO Komisi Kerajaan untuk Kota Makkah, Saleh Bin Ibrahim Al-Rasheed, sebagaimana dilansir Saudi Gazette, Sabtu (31/12/2022), mengatakan, Komisi akan bekerja pada tahap selanjutnya untuk mengadaptasi teknologi guna memberikan kenyamanan di tingkat sektor logistik. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan penduduk dan pengunjung kota Makkah dan tempat-tempat suci. 

Baru-baru ini Komisi Kerajaan untuk Kota Makkah dan Tempat-Tempat Suci telah memenangkan Makkah Award for Excellence untuk cabang haji dan umroh pada 2022. Hal ini berkat kontribusi Proyek Bus Makkah dalam memenuhi aspirasi warga dan pengunjung kota Makkah. 

Juni lalu, Pusat Transportasi Terpadu di Makkah (Makkah Transport) dari Komisi Kerajaan untuk Kota Makkah dan Situs Suci mengumumkan pengoperasian enam rute bus selama musim haji. 

Hal ini muncul dalam pengumuman rencana operasional Unified Center Proyek Bus Makkah untuk musim haji 1443 H. 

Makkah Transport mengatakan enam rute yakni rute 12, 9, 8, 7, 6, 5 akan terus beroperasi di kota, selain mengantar jamaah dari luar Makkah, yang kendaraannya tidak diizinkan memasuki tempat-tempat suci. 

Lima halte yang diperuntukkan untuk mengangkut jamaah juga telah diidentifikasi, yait parkir Sharaya dan Al Hada, yang akan menuju ke terminal bus Shaeb Aamir, dan parkir Al Takhassusi, Al Nawariya, dan Al Laith, yang akan menuju ke stasiun Jabal Al-Ka'bah. 

The Unified Center mengatakan bus memiliki sistem hidrolik, yang membantu untuk memfasilitasi proses naik bagi penyandang disabilitas dan orang tua. 

Bus juga dilengkapi dengan beberapa pengaman yang melindungi penumpang, antara lain pemadam kebakaran, sistem perlindungan, pertolongan pertama, kamera pengintai, dan sistem penghindaran tabrakan, serta layar informasi elektronik.  

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini