Jumat 06 Jan 2023 14:02 WIB

Industri E-Book dan Buku Audio di Arab Saudi Terus Tumbuh

Membaca buku cetak masih menjadi pilihan yang paling disukai sebagian besar orang.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Pameran Buku Internasional Riyadh, salah satu acara budaya terbesar di kawasan Timur Tengah, akan dibuka pada 1 Oktober 2021 di Riyadh Front, Arab Saudi. Industri E-Book dan Buku Audio di Arab Saudi Terus Tumbuh
Foto:

"Penjualan e-book buku-buku klasik di pasar tiga negara Arab tersebut telah meningkat 14 persen (pada 2021). Terlepas dari publikasi daring yang meningkat hingga 50 persen,” ujarnya.

Meskipun penjualan e-book meningkat, masih ada ruang untuk pertumbuhan yang lebih besar lagi. Penjualan e-book merupakan sekitar 10 persen dari keseluruhan penjualan buku. Penjualan e-book global juga nilainya sangat besar, meskipun jumlahnya bervariasi di antara berbagai sumber dan situs web.

Menurut WordsRated, sebuah organisasi riset non-komersial yang berbasis di AS, pendapatan e-book global pada  2021 mencapai lebih dari 16,1 miliar dolar AS dan diperkirakan akan melampaui angka 18,7 miliar dolar AS pada 2026.

Statista, penyedia data pasar dan konsumen lain yang berbasis di AS, mengharapkan segmen e-book mencapai 13,6 miliar dolar AS pada 2022, dengan tingkat pertumbuhan tahunan yang diantisipasi sebesar 3,38 persen, mencapai lebih dari 16 miliar dolar AS pada 2027.

Jumlah pembaca e-book diperkirakan akan mencapai lebih dari 1,1 miliar pada 2027, dengan sebagian besar pendapatan diharapkan dihasilkan oleh AS. Negara ini adalah pasar buku terbesar di dunia, dengan pendapatannya diperkirakan mencapai miliaran dolar.

Hampir satu juta buku diterbitkan setiap tahun di AS, selain empat juta buku yang diterbitkan sendiri setiap tahun. Sebagai perbandingan, pendapatan pasar buku Arab berkisar antara 100 dan 150 juta dolar AS.

Menurut data yang dibagikan oleh Chebaro, hanya satu juta buku yang telah diterbitkan di wilayah Arab dalam lima dekade terakhir. Angka penerbitan di dunia Arab terkait dengan banyak faktor sosio-ekonomi, di antaranya adalah pendapatan individu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement