Senin 09 Jan 2023 20:38 WIB

IPHI Minta Kemenag Selektif Memilih Petugas Haji

Petugas haji yang kompetensinya kurang berpotensi menimbulkan masalah.

Petugas haji Indonesia membantu penyeberangan jamaah di Sektor 1, Daerah Mahbas Jin, Makkah, Jumat (1/7/2022). IPHI Minta Kemenag Selektif Memilih Petugas Haji
Foto: Republika/Achmad Syalaby Ichsan
Petugas haji Indonesia membantu penyeberangan jamaah di Sektor 1, Daerah Mahbas Jin, Makkah, Jumat (1/7/2022). IPHI Minta Kemenag Selektif Memilih Petugas Haji

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) meminta Kementerian Agama (Kemenag) selektif memilih atau merekrut para petugas haji pada musim penyelenggaraan ibadah haji 1444 Hijriyah/2023 Masehi.

"Jangan sampai nanti mereka menjadi masalah karena kemampuan yang terbatas, pemahaman yang minimal, dan belum berpengalaman," kata Ketua Umum IPHI Ismed Hasan Putro saat dihubungi dari Jakarta, Senin (9/1/2023).

Baca Juga

Ismed memandang petugas haji yang kompetensinya kurang berpotensi menimbulkan masalah. Apalagi pada penyelenggaraan haji tahun ini kuota kembali ke jumlah normal sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi Kemenag.

Ia berharap petugas haji yang akan diberangkatkan adalah mereka yang telah berpengalaman dalam perhajian sehingga akan terjadi transfer ilmu pengetahuan kepada calon jamaah haji. "Jangan sampai petugas, pendamping, dan petugas haji bertanya kepada jamaah haji. Ini harus dihindari," kata dia.

Baca juga:

Arab Saudi Diguyur Hujan Hingga Selasa, Warga Diminta Berhati-hati

Yordania Cetak Uang Baru dengan Gambar Raja di Sebelah Masjid Al Aqsa

Alquran Sebut 'Wanita Baik untuk Laki-laki Baik', Apa Maksudnya?

Di samping itu, IPHI juga menekankan Kemenag mulai berani melakukan diversifikasi menu makanan agar jamaah tak bosan. Menu makanan harus tetap memperhatikan kehigienisan serta yang dapat meningkatkan gizi.

"Karena dari hari ke hari itu jamaah dituntut kesiapan fisiknya, kemampuan tubuhnya digerakkan untuk prosesi ibadah haji," kata Ismed.

Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama mulai membuka seleksi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji 1444 Hijriyah/2023 Masehi, untuk bagian petugas kloter dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.

"Rekrutmen petugas haji dilakukan secara berjenjang. Untuk petugas kloter dan PPIH tingkat kabupaten/kota, pendaftaran dibuka mulai 6-13 Januari 2023," katar Direktur Bina Haji Ditjen PHU Arsad Hidayat.

Ia mengatakan pendaftaran dilakukan sepenuhnya secara dalam jaringan (online) agar lebih mudah dan transparan. Peserta dapat mendaftar melalui Pusaka Super Apps Kementerian Agama pada menu Pendaftaran Petugas Haji.

Untuk petugas kloter, Kemenag membuka seleksi untuk dua formasi, yaitu ketua kloter dan petugas pembimbing ibadah haji kloter. Khusus untuk pembimbing ibadah haji, dipersyaratkan harus sudah berhaji dan memiliki sertifikat Pembimbing Manasik. Selain itu, Ditjen PHU juga mensyaratkan calon petugas, baik untuk formasi PPIH Kloter maupun Arab Saudi harus mampu mengoperasikan Microsoft Office serta aplikasi pelaporan PPIH berbasis Android atau iOS.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement