Sabtu 21 Jan 2023 04:15 WIB

Restoran Baru di London Sajikan Cita Rasa Palestina dengan Sentuhan Modern

Pemilik berharap pelanggan meninggalkan restoran dengan citra positif Palestina.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Kuliner Palestina. Restoran Baru di London Sajikan Cita Rasa Palestina dengan Sentuhan Modern
Foto:

“Saya tidak akan pernah bersaing dengan resep nenek Palestina. Tapi saya pikir saya memiliki visi yang cukup untuk mengambil resep-resep itu dan membuat sesuatu yang berbeda darinya," lanjut dia.

Makanan bernama mansaf, misalnya, biasanya dimakan menggunakan tangan dari sebuah piring besar. Di Akub, makanan ini disajikan sesuap kecil, dengan nasi, daging, dan yogurt fermentasi yang dilumuri roti goreng tipis. Kerenyahannya memberi hidangan dengan struktur yang unik.

Shish barak, yang secara tradisional terdiri dari pangsit daging yang dimasak dengan saus yogurt, malah disajikan dengan tahini bit yang berwarna-warni. Kattan, yang secara pribadi menyapa pelanggan di pintu pada hari pembukaan Akub, percaya seni keramahtamahan lebih dari sekadar apa yang ada di piring. Hal ini melibatkan pengalaman bersantap secara keseluruhan.

Restoran ini bertempat di gedung tiga lantai di Notting Hill, dengan halaman dalam ruangan yang ditutupi atap kaca. Interiornya terinspirasi oleh pemandangan dan aroma Palestina, dengan pohon zaitun dan melati memenuhi ruangan. Skema warnanya berpusat pada warna hijau zaitun, merah muda tanah, oranye, dan sand.

Peralatan makan di restoran ini disediakan oleh ahli keramik Palestina generasi ketiga, Nur Minawi. Koki kepala Akub disebut menghabiskan lima minggu di Bethlehem bersama Kattan. Mereka belajar langsung tentang teknik memasak tradisional, sedangkan anggota tim lainnya mengikuti pelatihan budaya selama dua hari.

 

Terakhir, Kattan menyebut ia berharap para tamunya dapat meninggalkan restoran dengan citra positif Palestina. “Anda dapat melakukan perjalanan bermil-mil melalui piring, cerita, rasa, atau bahkan bumbu. Saya akan sangat senang jika bersantap di Akub menginspirasi seseorang untuk memesan liburan berikutnya ke Palestina atau memesan konser Palestina di London, jika itu adalah titik masuk mereka ke budaya tersebut,” ujar dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement