Rabu 25 Jan 2023 13:39 WIB

Gunung Raum di Najran Arab Saudi menjadi Tujuan Populer Pecinta Hiking

Gunung Raum di Najran dikelilingi oleh kastil tua dan dataran subur.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Gunung Raum di Najran Arab Saudi
Foto: Arab News
Gunung Raum di Najran Arab Saudi

IHRAM.CO.ID, RIYADH — Pemandangan panorama Lembah Najran dari Gunung Raum yang di kelilingi oleh kastil tua, rumah tanah liat, pohon palem, dan dataran subur, menjadikannya tujuan populer di Arab Saudi. Bahkan menjadi tujuan terfavorit bagi penggemar pendakian dan hiking.

Dilansir dari Arab News pada Rabu (25/1/2023), Kastil arkeologi Raum yang bersejarah, menjadi salah satu situs wisata paling menonjol di kawasan ini, juga menarik pengunjung dari seluruh Kerajaan dan dunia.

Baca Juga

Seorang turis, Ibrahim Al-Mansour memuji manfaat budaya, sosial dan fisik dari hiking, dengan mengatakan bahwa hal itu meningkatkan kesehatan mental, meningkatkan hubungan dengan orang lain, dan membangun kekebalan terhadap penyakit.

Rekan pejalan kakinya, Mohsen Namis mengatakan bahwa dia berencana menjelajahi rute di Kerajaan untuk membangun persahabatan dengan tim pendakian lainnya dan belajar tentang geografi negara tersebut.

Popularitas hiking telah berkembang di Kerajaan di antara berbagai kelompok umur yang ingin menikmati atraksi alam, pegunungan, dan lanskap negara yang beragam.

Selain Gunung Raum di Najran, ada lima jalur pendakian yang laik dicoba bagi penggemar hiking.  Di antaranya Jabal al-Soudah atau Gunung Hitam yang menjadi salah satu puncak tertinggi di Arab Saudi dan terletak di wilayah Kerajaan Asir pada ketinggian 3.000 meter.

Kemudian Jebel Fihrayn yang terletak di 90 kilometer barat laut ibu kota Kerajaan, Riyadh. Jebel Fihrayn memiliki trek yang terbilang mudah bagi pemula yang dibagi menjadi dua segmen, yakni 15 km dengan kendaraan dan tebing setinggi 300 meter dengan berjalan kaki.

Selanjutnya ada Pendakian lembah tersembunyi AIUIa, lalu pegunungan Wadi al-Disah yang terletak 4.000 meter persegi di barat daya Provinsi Tabuk. Waktu terbaik untuk pergi hiking di Wadi al-Disah adalah antara November dan Maret.

Terakhir adalah kawah gunung berapi yang terletak di wilayah Hejazi, Kawah al-Wahba berjarak sekitar 350 kilometer timur laut Jeddah. Pendakian memakan waktu sekitar dua jam saat naik dan 40 menit hingga satu jam ketika turun. Disarankan untuk dilakukan pada pagi atau sore hari untuk menghindari paparan sinar matahari yang intens.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement