Ratusan Calon Petugas Haji Riau Jalani Ujian CAT

Kamis , 26 Jan 2023, 06:21 WIB Reporter :Febrian Fachri/ Redaktur : Muhammad Hafil
Petugas haji Indonesia - Ilustrasi.
Petugas haji Indonesia - Ilustrasi.

IHRAM.CO.ID,PEKANBARU--Kepala Kanwil Kemenag Riau, Mahyudin, mengatakan hari ini, Rabu (25/1/2023), sebanyak 339 calon petugas haji daerah Provinsi Riau menjalani ujian seleksi Computer Assisted Test (CAT). Calon petugas haji Riau mengikuti ujian di 13 titik di seluruh Kabupaten Kota se Provinsi Riau. Termasuk di Kantor Kanwil Kemenag Riau.

 

Terkait

"Untuk seleksi petugas haji ini diikuti oleh 87 Peserta sebagai TPHI, 53 peserta sebagai TPIHI, 8 peserta sebagai pembimbing Ibadah, 78 peserta sebagai pelayanan akomodasi, 36 peserta sebagai pelayanan transportasi dan 77 peserta sebagai pelayanan konsumsi," kata Mahyudin.

Baca Juga

Adapun jumlah peserta berdasarkan titik lokasi tes CAT diantaranya adalah di Kanwil Kemenag Riau, 31 peserta, Kemenag Pekanbaru, 45 peserta, Kemenag Kampar, 57 peserta, Kemenag Bengkalis, 13 peserta, Kemenag Indragiri Hulu, 27 peserta, Kemenag Indragiri Hilir, 16 peserta.

Kemudian di Kemenag Dumai, 23 peserta, Kemenag Rokan Hulu, 20 peserta, Kemenag Pelalawan, 19 peserta, Kemenag Kuansing, 29 peserta  Kemenag Siak, 19 peserta, Kemenag Rokan Hilir, 29 peserta dan Kemenag Meranti, 11 peserta.

Mahyudin mengatakan ujian CAT merupakan salah satu rangkaian seleksi yang harus dilewati oleh peserta calon petugas haji Riau. Sebelumnya para peserta sudah mengikuti seleksi administrasi.

Nanti hasil CAT ini menurut Mahyudin akan digabungkan dengan nilai seleksi administrasi.

Mahyudin menjelaskan, petugas haji yang diseleksi ini nantinya akan bertugas sebagai Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kloter dan PPIH Arab Saudi. Kemudian Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) dan Pembimbing Ibadah Haji (Bimbad).

"Saya berharap kepada petugas yang nantinya lolos menjadi petugas haji dapat menjalankan tugasnya dengan maksimal. Karena musim haji tahun ini tidak ada lagi pembatasan usia dan kuota juga sudah normal. Jadi tugas petugas haji juga akan semakin berat," ujar Mahyudin.

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini