Rabu 01 Feb 2023 16:16 WIB

Ekspatriat di Arab Saudi Perbarui Izin Tinggal Cukup Bawa Salinan Digital

Pembaruannya harus dilakukan setiap tahun secara elektronik.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Suasana kota Riyadh, Arab Saudi di malam hari. Ekspatriat di Arab Saudi Perbarui Izin Tinggal Cukup Bawa Salinan Digital
Foto: Saudi Gazette
Suasana kota Riyadh, Arab Saudi di malam hari. Ekspatriat di Arab Saudi Perbarui Izin Tinggal Cukup Bawa Salinan Digital

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Direktorat Jenderal Paspor (Jawazat) mengklarifikasi untuk memperbarui izin tinggal (iqama) ekspatriat, mereka tidak perlu membawa salinan cetaknya. Jawazat mengatakan ekspatriat dan pekerja asing akan dapat menggunakan iqama digital mereka di ponsel cerdas.

 

Baca Juga

“Mereka dapat membawa hard copy-nya jika mereka memperbarui iqama dan tidak perlu mengunjungi kantor Jawazat untuk mengambil cetakannya,” kata Jawazat, dilansir dari Saudi Gazette, Rabu (1/2/2023).

Validitas ID Muqeem (Identitas Penduduk) adalah lima tahun sejak tanggal penerbitannya. Pembaruannya harus dilakukan setiap tahun secara elektronik melalui platform pemberi kerja, Absher.

Denda akan dikenakan jika terjadi kegagalan dalam pembaruan iqama ekspatriat, tiga hari setelah tanggal kedaluwarsa. Hukumannya adalah denda 500 riyal (Rp 1,9 juta) untuk pertama kalinya, dan 1000 riyal (Rp 3,9) jika terjadi pengulangan penundaan.

Sebelumnya, Jawazat mengizinkan penerbitan iqama yang terkait dengan izin kerja dan memperbaruinya setiap minimal tiga bulan oleh majikan. Ini juga berlaku untuk tanggungan ekspatriat setelah membayar biaya yang diperlukan untuk menyelesaikan prosedur pembaruan. Pekerja rumah tangga dan sejenisnya dikecualikan dari prosedur ini.

Jawazat telah mengizinkan pembayaran terpisah dari biaya untuk izin kerja, izin tinggal, retribusi karyawan, biaya tanggungan, dan biaya lainnya untuk dikeluarkan iqama. Patut dicatat ID Muqeem pekerja rumah tangga dapat diperpanjang jika validitasnya kurang dari 14 bulan, dan untuk pekerja komersial, ID mereka dapat diperpanjang jika tetap berlaku kurang dari enam bulan, dengan adanya izin kerja yang valid dan polis asuransi kesehatan yang valid.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement