Sabtu 04 Feb 2023 06:05 WIB

Cuaca Dingin di UEA Diprediksi Berlangsung Sepanjang Februari

Suhu minimum dapat turun antara 12 derajat Celsius dan 16 derajat Celsius.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Papan layar memperingatkan pengendara akan genangan air yang disebabkan oleh hujan lebat di Dubai, Uni Emirat Arab, 26 Januari 2023. Cuaca Dingin di UEA Diprediksi Berlangsung Sepanjang Februari
Foto: EPA-EFE/ALI HAIDER
Papan layar memperingatkan pengendara akan genangan air yang disebabkan oleh hujan lebat di Dubai, Uni Emirat Arab, 26 Januari 2023. Cuaca Dingin di UEA Diprediksi Berlangsung Sepanjang Februari

IHRAM.CO.ID, ABU DHABI -- Pusat Meteorologi Nasional (NCM) memprediksi cuaca dingin di Uni Emirat Arab (UEA) akan berlangsung sepanjang Februari 2023. Suhu mungkin sedikit meningkat di beberapa daerah pada paruh kedua bulan ini.

NCM menyebut suhu maksimum rata-rata selama bulan ini dapat berkisar antara 23 derajat Celsius hingga 28 derajat Celsius. Suhu minimum dapat turun antara 12 derajat Celsius dan 16 derajat Celsius.

Baca Juga

Februari adalah salah satu bulan musim dingin ketika wilayah Teluk Arab tetap berada di bawah pengaruh perpanjangan sistem tekanan tinggi Siberia yang terkait dengan massa udara dingin yang datang dari utara; karenanya, suhu akan terus turun secara umum.

"Negara ini dipengaruhi oleh lewatnya sistem tekanan rendah yang datang dari Laut Mediterania, menyebabkan kondisi cuaca yang tidak stabil dengan angin selatan segar yang menyebabkan hembusan debu atau pasir. Awan juga berkembang di area yang tersebar dengan hujan,” kata laporan NCM, dilansir di Khaleej Times, Jumat (3/2/2023).

 

"Angin tenggara berlaku pada pagi hari menjadi barat laut pada sore hari, sementara negara dipengaruhi oleh angin segar barat laut (Shamal),” kata NCM.

Ramalan cuaca mengatakan kelembaban relatif meningkat selama bulan ini dengan kemungkinan kabut terutama di wilayah pesisir. Pada 2021, Februari menunjukkan frekuensi kabut tertinggi dengan 18 kejadian berkabut dan empat hari berkabut.

Curah hujan tertinggi yang tercatat selama bulan ini adalah 317 mm di Al Huwailat pada 1988. Suhu udara minimum terendah yang tercatat adalah minus 5,7 derajat celcius di Jebel Jais pada 2017. Kecepatan angin tertinggi tercatat 141 kph di Jebel Mebreh pada 2010.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement