Selasa 07 Feb 2023 19:53 WIB

Jamaah Haji Lansia Biasanya Sulit Beradaptasi dengan Lingkungan Arab Saudi

Jamaah haji lansia perlu pendampingan terus-menerus agar tidak merasa disorientasi.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah Haji Lansia Biasanya Sulit Beradaptasi dengan Lingkungan Arab Saudi
Foto:

Proses mengakrabkan diri ini, lanjut Liliek, bisa dilakukan sejak proses manasik haji dengan saling mengenal jamaah yang lain. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Kementerian Agama (Kemenag), agar mengupayakan pengaturan kamar sudah diinformasikan sejak di Tanah Air, sehingga setiap jamaah bisa saling berkenalan.

Terkait penurunan daya fisik atau kemampuan otot rangka, jantung dan paru, ia mengimbau agar jamaah mulai membiasakan diri minimal jalan kaki 30 menit sehari atau 150 menit seminggu. Cara ini penting untuk melatih kembali otot-ototnya sehingga siap beraktivitas penuh selama di Saudi.

"Untuk mencegah kekambuhan bagi lansia yang memiliki penyakit bawaan seperti diabetes, jantung, hipertensi, biasanya mereka dibekali obat oleh dokternya yang harus diminum rutin. Ini harus telaten minumnya, secara teratur dan dianjurkan menghindari kelelahan," kata Liliek.

Selain menyiapkan dokter di tiap kloter, Puskes Haji juga akan menyediakan dokter spesialis di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI). Jamaah nanti bisa mengkonsultasikan kondisi fisiknya kepada dokter spesialis, jika merasa ada gangguan kesehatan.

Liliek terus menekankan kepada jamaah agar menjaga daya tahan tubuh sejak di Tanah Air. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan latihan fisik, mengonsumsi makanan bergizi, menerapkan pola hidup sehat, serta berhenti merokok. Mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19, maka vaksinasi tidak boleh terlupakan.

"Sebenarnya Saudi menyarankan untuk vaksin influenza, tapi ini tidak disediakan pemerintah karena tidak diwajibkan dalam penerbitan visa. Anjuran ini muncul mengingat kondisi cuaca di Tanah Suci. Atau bisa juga vaksin pneumonia, menjaga pernapasan agar tidak terjadi asma atau gangguan pernapasan lain," ucapnya. 

photo
Infografis Tips Hadapi Cuaca Panas untuk Jamaah Haji - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement