Senin 27 Feb 2023 11:00 WIB

Masjid di London Utara Gelar Acara Amal untuk Korban Gempa Turki

Puluhan ribu orang meninggal akibat gempa Turki.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Masjid di London Utara Gelar Acara Amal untuk Korban Gempa Turki. Foto: Penyintas Gempa Turki
Foto: Anadolu Agency
Masjid di London Utara Gelar Acara Amal untuk Korban Gempa Turki. Foto: Penyintas Gempa Turki

IHRAM.CO.ID, LONDON -- Sebuah masjid Turki di London Utara mengadakan acara penggalangan dana, Ahad (26/2/2023). Kegiatan ini bertujuan untuk mengumpulkan uang bagi para korban di daerah yang dilanda gempa di Turki.

Dalam kegiatan penggalangan dana yang diselenggarakan oleh Masjid Aziziye di Stoke Newington ini, mereka menjual berbagai makanan dan pencuci mulut tradisional buatan Turki.

Baca Juga

Kepala imam di masjid tersebut, Ebu Bekir Tezgel, mengatakan hasil dari acara tersebut akan disumbangkan untuk korban gempa di Türki. "Setiap tahun kita adakan acara seperti ini, tapi ini khusus untuk korban gempa,” ujarnya dikutip di Anadolu Agency, Senin (27/2/2023).

Tezgel juga menginformasikan sejauh ini mereka telah mengirimkan total 43.000 pound sterling (lebih dari Rp 780 juta). Selain itu, 50.000 ton pakaian dan makanan juga dikirimkan kepada para korban, sebagai bagian dari kampanye amal masjid.

 

"Semoga Allah menerima kebaikan semua saudara dan saudari dermawan kita," lanjut dia.

Bantuan untuk korban gempa Turkiye dan Suriah ini juga telah dikirimkan oleh sebuah masjid di London Timur awal Februari lalu. Mereka berhasil menggalang dana sebesar 60.000 poundsterling atau setara Rp 1 miliar.

Masjid London Timur, yang termasuk salah satu yang terbesar di Inggris, mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Islamic Relief, Diyanet UK dan mitra amal Inggris lainnya. Bersama-sama, mereka bekerja dengan mengulurkan tangan, membantu korban yang terkena dampak gempa bumi.

"Pengumpulan dana dilakukan setelah shalat Jumat bersama Islamic Relief, setelah datang permohonan sumbangan dari Direktur Islamic Relief Inggris, Tufail Hussain," ucap pihak masjid.

Menurut informasi terbaru, sedikitnya 44.374 orang dilaporkan tewas akibat dua gempa kuat yang mengguncang Türkiye selatan pada 6 Februari.

Gempa bumi berkekuatan 7,7 dan 7,6, yang berpusat di provinsi Kahramanmaras ini mempengaruhi lebih dari 13 juta orang di 11 provinsi. Termasuk di antaranya Adana, Adiyaman, Diyarbakir, Gaziantep, Hatay, Kilis, Malatya, Osmaniye, Elazig dan Sanliurfa. 

Sumber:

https://www.aa.com.tr/en/turkiye/london-mosque-holds-charity-event-for-quake-victims-in-turkiye/2831890

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement