Kamis 22 Jun 2023 22:13 WIB

Tahapan Ibadah Haji yang Perlu Diketahui

Ibadah haji tahun ini berlangsung antara 26 Juni dan 1 Juli 2023.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
 Sebuah foto selebaran yang disediakan oleh Kementerian Haji dan Umrah Saudi menunjukkan jamaah haji, mengenakan masker pelindung wajah, berdoa di Jabal al-Rahmah (Bukit Rahmat) pada Hari Arafah, sebagai bagian dari ritual penting ziarah haji tahunan di kota tenda Arafat, Arab Saudi, 19 Juli 2021.
Foto:

Hari Ketiga

Melempar jumrah. Tanggal 10 Dzulhijjah adalah Idul Adha, hari yang dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia sebagai yang terbesar dari dua hari raya umat Islam. Meninggalkan Muzdalifah, jamaah tiba kembali di Mina sebelum fajar untuk melakukan lemparan pertama, melempar tujuh kerikil ke tiga kolom terbesar yang dikenal sebagai Jamarat al-Aqaba.

Tindakan ini merupakan rajam setan secara simbolis, berdasarkan tradisi sejarah. Muslim percaya bahwa Tuhan menyuruh Ibrahim untuk mengorbankan putranya sebagai bukti imannya.

Diyakini bahwa di tempat ini di Mina, iblis muncul dan mencoba menghalangi Ibrahim untuk mengindahkan perintah tersebut. Ibrahim menanggapi dengan melempar batu untuk menakutinya. Jamaah juga harus mengorbankan hewan qurban.

Hari Keempat dan Kelima

Melempar jumrah berlanjut. Tindakan melempar batu diulangi selama dua hari berikutnya, melempari tiga pilar dengan menggunakan tujuh kerikil masing-masing secara berurutan dimulai dari Jamarat al-Ula (pilar kecil), kemudian Jamarat al-Wusta (pilar kedua atau tengah) dan terakhir, Jamarat al-Aqaba (pilar ketiga atau besar).

Hari Keenam...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement