Selasa 27 Jun 2023 17:01 WIB

Naskah Khutbah Wukuf Arafah 2023 Oleh Habib Ali Hasan Al Bahar

Oleh Habib Ali Hasan Al Bahar membacakan khutbah wukuf Arafah 2023.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Naskah Khutbah Wukuf Arafah 2023 Oleh Habib Ali Hasan Al Bahar. Foto:   Wukuf di Arafah (ilustrasi).
Foto:

 

Doa Terbaik adalah doa yang dipanjatkan pada hari Arofah.

Artinya: "Sebaik-baik do'a adalah do'a pada Hari Arafah. Dan sebaik-baik perkataan yang aku ucapkan begitu juga Para Nabi sebelumku adalah: Laa Ilaaha Illallaahu Wahdahu Laa Syariika Lahu, Lahul Mulku Wa Lahul Hamdu Yuhyii Wa Yumiitu Wa Huwa 'Alaa Kulli Syai'in Qodiir (Tiada tuhan selain Allah yang Maha Esa, tiada sekutu baginya. Kerajaan dan pujian hanyalah miliknya. Maha menghidupkan dan mewafatkan. Dan Dia berkuasa atas segalanya)". (HR. Imam Malik)

Jamaah Haji yang dirahmati Allah Subhanahu Wata’ala

Dikisahkan pada masa Nabi Musa, seorang wanita meminta Nabi Musa AS, mendoakannya agar bisa memiliki anak. Lalu Nabi Musa meminta kepada Allah SWT. Lalu Allah menjawab bahwa Allah tidak akan memberikan kepada wanita itu keturunan. Lalu Nabi Musa menyampaikan kepada wanita tersebut dan ditawarkan oleh Nabi Musa AS untuk meminta hajat yang lain saja. Wanita tersebut terus meminta kepada Nabi Musa AS dan Nabi Musa menyampaikan jawaban yang sama. Lama wanita itu tidak terlihat. Setelah sekian lama, Nabi Musa melihat wanita tersebut sedang menggendong bayi, lalu Nabi Musa bertanya kepada Allah, “Bagaimana wanita tersebut bisa memiliki anak, sementara Engkau menyampaikan bahwa Engkau tidak akan mengaruniakan kepadanya anak”. Allah menjawab: “Wahai Musa, wanita itu tidak berhenti memanggil-manggil Nama Ku dan meminta, tidak berhenti dia meminta. Aku pantang menolak orang yang terus meminta kepada-Ku.”

Untuk Umat Nabi Musa bisa mendapatkan pengkabulan. Doa seperti itu, apalagi Untuk Ummat Nabi Muhammad, pasti akan mendapatkan yang lebih Hari Arofah, hari dikabulkan semua doa…

Jamaah Wukuf Jamaah Haji Yang dirahmati Allah Subhanahu Wata’ala Jangan sampai dosa kita, kita anggap lebih besar dari Pengampunan Allah SWT.

Pada masa Nabi Musa AS dikatakan bahwa doa mereka tidak diterima karena ada ditengah-tengah mereka seorang yang bermaksiat sudah 40 tahun dan belum taubat. Lalu Nabi Musa dengan lantang mengatakan siapa diantara kamu yang bermaksiat sampai 40 tahun belum taubat, menjadi penyebab doa kita tidak dikabulkan. Semua menunduk, si pelaku maksiat 40 tahun itu di dalam hatinya mengatakan:

“Ya  Allah Ampunilah Aku…tutupilah Aib ku…aku bertaubat kepada-Mu Ya Allah.” Nabi Musa memaksa untuk mengaku. Namun tidak ada yang mengaku. Lalu Nabi Musa mengatakan kepada Allah: “Ya Allah, tidak ada yang mengaku, beritahukan kepadaku siapa orangnya.” Allah mengatakan kepada Nabi Musa: ”40 tahun dia dalam keadaan maksiat dan aku tutupi.Apakah sekarang dia sudah bertaubat lalu aku buka aibnya? Itu tidak mungkin wahai Musa.” Nabi Ibrahim as berdoa untuk Tanah yang Beliau berada di situ… Ya Allah balaslah pencarian ridho kami terhadap kasih sayangMu ya Allah Ampunilah dosa kami. yang belum kami akui dan yang belum kami ingat.

Kami datang ke arafah hanya bermodalkan tetesan air mata. ya Allah limpahkan keridhaan-Mu. Ya Allah Ridhoilah semua yang datang ke Padang Arafah. Jangan putuskan kami dari nikmat keberkahan Hari Arofah. Janji ampunan dan engkau memberikan kepada kami ridhoMu.

Ya Allah aku tawakkalkan kedaulatan negeri kami yang dinamakan oleh para pendiri bangsa dengan nama Republik Indonesia dan kedaulatan bangsanya diatas segala kuasa-Mu.

Ya Allah kami tawakkalkan kedaulatan bangsa kami diatas kedaulatan-Mu.

Ya Allah dibawah terik matahari padang Arofah ini, aku munajatkan kesejukan hati dan pikiran bagi para pemimpin bangsaku.

Ya Allah berkahi rasa kecukupan dan kemakmuran bagi rakyat Indonesia

Ya Allah berikanlah Indonesia, bukalah pemikiran dan tadjid baru bagi para ulama kami senantiasa membimbing umat kami dan sekalian Rakyat Indonesia menuju jalannya pencerahan agama dan pencerahan konstitusi.

Ya Allah, selimutilah rakyat kami dengan selimut yang berwujud kedamaian. Damaikanlah hati para pemimpin kami di Indonesia, dan damaikanlah dunia ini dari segala bentuk perpecahan.

Ya Allah, kami memandang bumi-Mu dengan pandangan masjid sehingga kami semangat dalam berikhtiyar, menempuh jalan-jalan kebaikan sesuai dengan syariat yang diterima oleh Nabi Muhammad dan diterima oleh ulama kami.

Ya Allah teguhkan hati kami, hati rakyat Indonesia dalam semangat keteguhan mencintai bangsa kami dan Negara kami, sesuai tuntunan. Hubbul wathan minal iman.

Ya Allah, lapangkanlah rezeki bagi rakyat Indonesia dan seluruh umat Islam di seluruh belahan dunia. Lapangkanlah kemudahan sebagaimana Engkau ltelah mentakdirkan Arofah sebagai tanah yang lapang menampung seluruh umat islam sebagai bukti Hujjah(Bukti) Haji. sebagaimana Rosulullah bersabda:

Haji adalah Arafah Lapangkanlah kehidupan bangsa indonesia sebagaimana engkau lapangkan padang Arofah  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement