Jumat 23 Apr 2021 19:40 WIB

Masjid di Prancis Kembali Jadi Sasaran Islamofobia

Masjid di Prancis kembali dicorat-coret.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil
Masjid di Prancis Kembali Jadi Sasaran Islamofobia. Foto:   Vandalisme di Masjid Burlington
Foto: cbs boston
Masjid di Prancis Kembali Jadi Sasaran Islamofobia. Foto: Vandalisme di Masjid Burlington

IHRAM.CO.ID,PARIS—Di tengah kedamaian Ramadhan, Muslim Prancis justru harus menerima serangan dari kelompok Islamofobia yang semakin menjadi-jadi. Beberapa waktu lalu, sebuah masjid di Bordeaux dirusak dengan coretan rasis dan penuh kebencian, ujar Muslim Association of Talence melalui unggahan di Facebook mereka. 

Dalam pesannya di media sosial, Presiden masjid, Mohamed Boultam, mengatakan, melihat coretan di tempat ibadah adalah hal yang sangat sulit untuk diatasi. Itu tidak bisa diterima, ujarnya. Boultam mengatakan bahwa masjid akan membuat pengaduan resmi dan mereka telah melakukan kontak dengan polisi setelah serangan Islamopobia pada Rabu (21/4) lalu itu. 

Baca Juga

Boultam berusaha meyakinkan komunitas Muslim setempat untuk tetap tenang, menambahkan bahwa serangan itu adalah tindakan provokasi untuk menyebarkan kekacauan di lingkungan damai mereka. Dalam coretan ofensif itu, penyerang menuliskan pesan ancaman untuk berhenti menggunakan bangunan untuk beribadah. 

Seorang politikus lokal, Emmanuel Sallaberry, juga berkomentar menyusul serangan itu. "Situs Masjid Talence telah ditandai dengan pesan-pesan Islamofobia dan homofobik," katanya dalam sebuah posting Facebook.

"Saya mengutuk keras tindakan ini yang bertentangan dengan kebebasan fundamental dan nilai-nilai Republik kita ... Saya percaya polisi dan sistem peradilan untuk menemukan dan mengutuk keras para pelakunya," lanjut Sallaberry.

Sebelumnya, serangan Islamofobia terjadi di awal bulan Ramadhan, dinding masjid Avicenna dan pusat budaya Islam di Rennes, Prancis barat, dirusak dengan grafiti xenofobia. Pesan-pesan itu berbunyi "Hidup Prancis" dan "pembunuhan imigrasi."

Menyusul laporan luas serangan itu, menteri dalam negeri sayap kanan negara itu Gerald Darmanin mengutuk tindakan tersebut dan mengklaim "solidaritas" dengan 5,4 juta Muslim di negara itu.

Dalam beberapa tahun terakhir, serangan dan retorika anti-Muslim telah meningkat di Prancis, terutama disebarkan oleh para politisi. Jumlah jajak pendapat Macron telah lesu selama berbulan-bulan, dengan lebih dari 60 persen orang Prancis tidak setuju dengan pekerjaan yang dia lakukan di negara itu.

Menyerang Muslim telah menjadi pilar utama dari strategi pemilihan ulang Macron saat ia berusaha untuk meningkatkan identitas sayap kanannya. Apa yang disebut 'RUU Separatisme' yang saat ini sedang disahkan oleh badan legislatif Prancis akan berusaha membuat kehidupan Muslim jauh lebih sulit dan, sebagai akibatnya, juga memberanikan orang-orang fanatik anti-Muslim.

 

Bagian dari proposal tersebut adalah gadis Muslim di bawah usia 18 tahun dilarang mengenakan jilbab Muslim. Wanita Muslim yang mengenakan jilbab akan dilarang menghadiri perjalanan sekolah bersama anak-anak mereka, dan bendera Aljazair dapat dilarang di gedung-gedung resmi pemerintah.

 

Baru-baru ini, pemerintah Prancis menyangkal keberadaan Islamofobia sementara meminta kepemimpinan komunitas Muslim untuk menandatangani dokumen kontroversial yang disebut "Piagam Imam." Dokumen tersebut, proyek hewan peliharaan Macron, menguraikan serangkaian prinsip yang akan mendefinisikan Islam di Prancis. Mereka yang tidak menandatangani piagam, yang antara lain melarang para imam berbicara tentang rasisme yang dipimpin negara, akan dianggap ekstremis.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement