Senin 10 Oct 2022 16:29 WIB

Mesir dan Saudi Bahas Tata Cara Penyelenggaraan Musim Haji

Mesir memuji upaya Saudi melayani peziarah.

Rep: Zahrotul Oktaviani / Red: Agung Sasongko
Seorang jamaah haji asal Mesir, Mohamed, mengacungkan jempol ketika hendak masuk ke terowongan Malik Fahd, di kawasan Sisyah Makkah, Jumat (4/11). (Republika/Muhammad Subarkah)
Seorang jamaah haji asal Mesir, Mohamed, mengacungkan jempol ketika hendak masuk ke terowongan Malik Fahd, di kawasan Sisyah Makkah, Jumat (4/11). (Republika/Muhammad Subarkah)

IHRAM.CO.ID, KAIRO -- Menteri Dalam Negeri Mesir Mahmoud Tawfiq bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Saudi Tawfiq bin Fawzan Al-Rabiah. Keduanya membahas seputar kerjasama antara kedua kementerian dalam menyelenggarakan musim haji.

Al-Rabiah mengunjungi Kairo sebagai kepala delegasi tingkat tinggi dari Kementerian Haji dan Umrah Saudi. Mengingat hubungan historis yang erat antara kedua negara, Tawfiq menyambut baik kunjungan menteri Saudi dan delegasi pendampingnya ke Kairo.

Baca Juga

Dilansir di Arab News, Senin (10/10/2022), Al-Rabiah menyampaikan apresiasinya atas upaya dan langkah-langkah yang diambil setiap tahun oleh Kementerian Dalam Negeri Mesir untuk mengatur, mempersiapkan dan mengawasi misi haji Mesir.

Tak hanya itu, ia juga menyampaikan aspirasinya untuk mengidentifikasi hambatan yang mungkin dihadapi jamaah haji Mesir selama musim haji dan usulan untuk mengatasinya.

Dalam kesempatan yang sama, Tawfiq memuji upaya Kerajaan Saudi untuk melayani peziarah dan memberi mereka semua perawatan yang dibutuhkan.

Ia menekankan keseriusan kementerian dalam membangun komunikasi dan meningkatkan mekanisme kerja sama dan konsultasi dengan Kementerian Haji dan Umrah Saudi, serta memfasilitasi jamaah haji Mesir dalam menunaikan ibadah haji.

Penerbangan umrah pertama dari Mesir pada 6 Oktober lalu dari Bandara Internasional Kairo merupakan implementasi lanjutan dari keputusan Kabinet Mesi,r untuk mulai mengelompokkan penerbangan umrah pada 1 Oktober.

Anggota Majelis Umum Kamar Perusahaan Pariwisata, Osama Khairy, mengatakan perjalanan umrah pertama telah diluncurkan dan semua perjalanan tiba di Makkah dan Madinah tanpa masalah. “Portal umrah Mesir adalah alasan utama keberhasilan musim umrah musim ini," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement