Ahad 31 Aug 2014 14:30 WIB

Toilet Portable Permudah Jamaah Haji Buang Air

Jamaah haji di kawasan Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi.
Foto: ANTARA/Prasetyo Utomo/ca
Jamaah haji di kawasan Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Jumlah toilet yang tidak sebanding dengan jamaah haji membuat buang air menjadi salah satu masalah ketika melaksanakan ibadah Haji. "Toilet portable" kemudian menjadi salah satu solusi yang dapat dipilih para jamaah.

Sama dengan toilet pada umumnya, hanya saja toilet portable didesain agar dengan mudah dibawa oleh pemiliknya. Dengan Toilet Portable, pengguna bisa melaksanakan buang air besar dimana saja dan kapan saja tanpa harus menunggu antrean. 

Cukup mencari tempat yang nyaman dan tertutup, kemudian buka lipatan toilet portable, pasang kantung 'Pup' dan toilet siap digunakan. 

"Anda tentu bisa membayangkan kondisi di tanah suci ketika musim haji tiba. Tentunya jumlah toilet yang disediakan pemerintah Arab Saudi tidak akan cukup dengan jumlah jamaah haji yang setiap tahun jumlahnya terus bertambah," kata Muchyidin Rudi dari Pusat Riyal, perusahaan yang memproduksi Toilet Portable, dalam keterangan tertulis. 

Muchyidin mengatakan, para pengguna tidak perlu khawatir karena Pusat Riyal adalah satu-satunya perusahaan yang telah mendapat izin MUI untuk memproduksi alat-alat sanitasi untuk keperluan haji dan umrah. 

"Terbuat dari kain parasit yang berkualitas, sehingga tahan air dan kedap suara. Anda tidak perlu khawatir akan aktivitas Anda di dalamnya, tidak akan diketahui oleh orang luar," kata Muchyidin. 

Selain untuk ibadah haji, toilet ini juga dapat digunakan untuk kegiatan luar ruangan lainnya seperti camping ataupun wisata alam. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement