Selasa 02 Sep 2014 22:33 WIB

1.200 Relawan Kawal Jamaah Haji Pakistan

Rep: c64/ Red: Agung Sasongko
Muslim Pakistan
Foto: Reuters
Muslim Pakistan

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Grup Relawan Haji pakistan (PHVG) tengah mengadakan sesi pelatihan dan lokakarya untuk para relawannya di Pakistan Internastional School di Azizia, Makkah, Arab Saudi pekan ini.

Seperti dilansir Arab News, Selasa (2/9), pelaksanaan lokakarya dan training ini bermaksud untuk memberikan pemahaman pelaksanaan haji tahun ini dan tugas-tugas mereka sebagai relawan.  PHVG ini merupakan sebuah kelompok relawan nirlaba dari berbagai bidang dan latar belakang. Dimana tujuan mereka adalan untuk melayani para tamu Allah dari semua bangsa di dunia, saat pelaksanaan ibadah haji.

Tim Manajemen grup relawan ini terdiri atas, Mohammed Nawaz, Hafiz Amjad, Noman Taj, Wasim Bukhari dan Mohammed Islami.  Amjad mengatakan, tugas pokok dari para relawan di masa lalu adalah memandu para peziarah yang tersesat atau kehilangan rombongan mereka di Mina. Namun, tahun ini mereka akan melakukan tugas di dekat distrik Masjidil Haram dan Azizia di Makkah, yang man sejumlah besar peziarah akan berdiam lama disana.

Dijadwalkan para relawan ini akan bekerja selama 12 jam dalam sehari dan terdapat dalam dua shift. "Relawan akan dilengkapipula dengan peta, petunjuk dan kursi roda untuk membanu para jamaah lansia," ujarnya. 

Selain itu, para relawan ini akan diberi informasi dan pemahaman terkait visi dan misi organisasi secara merinci, bagaimana bekerja dilapangan dan berkomunkasi dengan ruang kontrol.

"Biasanya kebutuhan relawan akan sangat diperlukan pada hari pertama ibadah Haji. Oleh karena itu, grup berencana akan mengirimkan 800 relawan pada hari pertama," tambah Amjad.  Ia mengatakan, pada awalnya grup menginginkan tiga ribu relawan dapat terdaaftar. Namun, karena ada masalah akomodasi maka organisasi hanya mampu membawa 1.200 relawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement