Rabu 01 Oct 2014 09:16 WIB

Sultan H Khairul Saleh, Haji Sepanjang Hayat (2-habis)

Sultan H Khairul Saleh.
Foto: Antara
Sultan H Khairul Saleh.

Oleh: Heri Ruslan     

Setelah itu, Sultan Khairul Saleh melakukan shalat hajat dan memohon kebaikan hidup di dunia di sekitar tiang Aisyah. Letaknya sebelah kanan tiang tobat.

Di tempat itu, menurut sebuah riwayat, Aisyah diminta untuk berdoa memohon kebaikan dunia oleh Rasulullah SAW. Usai menunaikan shalat tobat dan hajat, ia pun segera menunaikan shalat mutlak di dekat mimbar Rasulullah SAW dan berdoa memohon kebaikan hidup di dunia dan akhirat.

"Kemudian, saya berziarah ke makam Rasulullah SAW," ucap ketua Kerapatan Raja Sultan se-Borneo itu. Ia telah beberapa kali menunaikan ibadah haji dan setiap setahun sekali menunaikan umrah untuk memenuhi kerinduannya atas Baitulllah.

Sebagai ketua IPHI Kalsel, Sultan Khairul Saleh selalu menekankan pentingnya spirit haji sepanjang hayat. Menurutnya, sikap, perilaku, serta segala kebaikan yang dilakukan selama berada di Tanah Suci harus terus dipelihara dan dijaga hingga akhir hayat. "Dan, tiada balasan bagi haji yang mabrur selain surga," ujar ayah dua anak ini mengutip sebuah hadis.

Sultan Khairul Saleh dikenal dekat dengan masyarakatnya. Menurut dia, raja atau sultan pada zaman sekarang sangat dekat dengan masyarakat sehingga bisa memberikan bimbingan sekaligus mengayomi masyarakat.

"Ibaratnya, sultan satu langkah di depan dan satu ranting di atas masyarakat sehingga bisa saling membantu dan memberikan bimbingan agar terjalin keharmonisan kehidupan masyarakat," ungkapnya.

Selama dua periode memimpin, sederetan penghargaan diraih Kabupaten Banjar, antara lain,  Piala Citra Pelayanan Prima dari Presiden RI (2010), anugerah Investment Award secara berturut-turut pada 2011, 2012, 2013, 2014 dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan E- Procurement (E-Proc) 2013, penghargaan sebagai Daerah Terbaik di Bidang Jasa Konstruksi berturut-turut pada 2012 dan 2013.

Tercatat pula, Kabupaten Banjar merupakan satu-satunya daerah di Provinsi Kalimantan Selatan yang berhasil meraih supremasi tertinggi di bidang pekerjaan umum.

Selain itu, Banjar juga meraih penghargaan sebagai Daerah Terbaik I Nasional Bidang Perikanan pada 2014. Baru-baru ini, Sultan Khairul Saleh juga meraih anugerah Kepala Daerah Peduli Lingkungan 2014 dari MNC Group.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement