Ahad 26 Oct 2014 00:18 WIB

Sepinya Tahun Baru Islam di Madinah

Rep: Zaky al Hamzah/ Red: Indah Wulandari
Jamaah haji di Kota Madinah, Arab Saudi.
Foto: Antara/ca
Jamaah haji di Kota Madinah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID,MADINAH—Suasana Tahun Baru Islam 1436 Hijriah di Kota Madinah tidak semeriah di Indonesia. Ribuan jamaah haji maupun warga setempat tetap menjalankan aktivitas seperti biasa di kawasan luar Markaziah dan Markaziah yang berdekatan dengan Masjid Nabawi.

Pantauan Republika, kepadatan jalan-jalan berlangsung seperti biasanya. Justru terlihat keramaian bus-bus jamaah haji yang akan mengangkut jamaah pulang ke Bandara Internasional Pangeran Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah maupun negara tetangga Arab Saudi.

Sejumlah jalur ke pemukiman penduduk setempat di sekitaran Distrik Massane di Jalan King Fahd, juga tak menampakkan ada aktivitas merayakan Tahun Baru Hijriah seperti di Indonesia.

Kepadatan jamaah haji hanya terlihat saat shalat Jumat di Masjid Nabawi. Ribuan jamaah haji pria membeludak hingga di pelataran kompleks masjid, hampir menyesaki seluruh area pelataran. Pengurus masjid sampai membuka area shalat di atapkubah Masjid Nabawi.

“Momentum tahun pergantian tahun hijriah ini haris menjadi momentum muhasabah atau evaluasi untuk memperoleh yang lebih baik di tahun mendatang,” pesan  Kepala PPIH Daker Madinah, Nasrullah Djasam, Sabtu (25/10).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement