Jumat 25 Sep 2015 16:57 WIB
Insiden Mina

Menkes Saudi Ungkap Penyebab Musibah Mina

Evakuasi korban insiden Mina
Foto: Reuters
Evakuasi korban insiden Mina

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Penyebab musibah Mina mulai diungkap.Saat ini, proses investigasi atas kejadian tersebut mulai dijalankan. Menteri Kesehatan Arab Saudi, Khalid al Falih, menjelaskan bahwa proses investigasi tersebut akan dilangsungkan secara cepat dan cermat.

Menurut dia, sejak Jumat (25/9) proses investigasi telah dijalankan di Mina. Berdasar proses tersebut dia mulai mendapatkan informasi soal penyebab terjadinya musibah yang menyebabkan lebih dari 700 jamaah haji wafat itu. Dia mengungkapkan bahwa musibah Mina lebih banyak disebabkan oleh sikap jamaah haji yang tidak mengikuti instruksi.

"Sebagian jamaah bergerak tanpa mengikuti instruksi dari aparat di lapangan yang berwenang," ujar al Falih seperti dikutip situs Aljazirah. Dia berjanji bahwa hasil investigasi akan diumumkan setelah semua laporannya lengkap.

Lebih lanjut al Falih menjelaskan bahwa para jamaah yang cedera saat ini sudah dipindahkan ke berbagai rumah sakit di Makkah. Jika diperlukan, kata dia, jamaah yang memerlukan perawatan khusus akan dikirimkan ke berbagai rumah sakit yang mampu menanganinya di Arab Saudi.

Dalam siaran pers yang diterima Republika, Menkes al Falih menambahkan bahwa pihaknya telah mengerahkan lebih dari 500 dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya untuk menolong para korban musibah tersebut. Selain itu, Kementerian Kesehatan Arab Saudi juga mengerahkan lebih dari 100 tim reaksi cepat untuk para korban. Masing-masing tim ini beranggotakan dua orang dokter dan empat orang tenaga perawat.

sumber : Aljazirah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement