Ahad 27 Sep 2015 11:00 WIB
Insiden Mina

8.000 Jamaah Asal Filipina Selamat dari Insiden Mina

Rep: c16/ Red: Angga Indrawan
Korban insiden Mina mencapai 700 lebih jamaah haji dari berbagi negara.
Foto: Reuters
Korban insiden Mina mencapai 700 lebih jamaah haji dari berbagi negara.

REPUBLIKA.CO.ID, MINA -- Sekitar 8 ribu jamaah haji asal filipina yang terdaftar melalui Komisi Nasional Muslim Filipina (NCMF) dikabarkan selamat dari insiden berdesak-desakkan yang terjadi di Mina pada Kamis (24/9) lalu.

Dilansir Manila Bulletin Sabtu (26/9), Komisioner NCMF, Mehol K Sadain mengatakan melalui sosial medianya bahwa jamaah haji Filipina yang terdaftar melalui NCMF tidak ada yang menjadi korban jiwa dalam insiden mematikan tersebut. Menurut Mehol, dua orang jamaah yang terdaftar di NCMF yang meninggal di Mina tidak ada kaitannya dengan peristiwa berdesak-desakan di Mina. 

Insiden berdesak-desakkan di Mina yang memakan 700 lebih korban jiwa dan 800 lebih orang luka-luka. Tragedi Mina merupakan satu di antara dua kejadian nahas yang menimpa para jamaah haji tahun ini setelah sebelumnya peristiwa jatuhnya crane di Masjidil Haram.

Sebelumnya, telah terjadi insiden  jatuhnya alat berat crane disebabkan oleh angin kencang yang menghantam kota Makkah pada Jumat (11/9). Akibatnya, sebanyak 100 lebih jamaah haji tewas dan 238 lainnya luka-luka di Masjidil Haram.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement