Rabu 30 Sep 2015 00:01 WIB
Insiden Mina

Jumlah Korban Tewas Insiden Mina Masih Simpang Siur

Rep: RR Laeny Sulistyawati/ Red: Bilal Ramadhan
Tragedi Mina
Foto: Ansyarullah
Tragedi Mina

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Jumlah pasti korban tewas akibat terinjak-injak di Mina, Arab Saudi, Kamis (24/9) kemarin masih simpang siur. India dan Indonesia mengatakan 1.000 jiwa, namun pemerintah Arab Saudi merilis 769 orang.

Pejabat dari beberapa negara telah mengatakan bahwa lebih dari 1.000 orang tewas akibat terinjak-injak di Mina pekan lalu. Seorang pejabat Nigeria mengatakan kepada BBC bahwa lebih dari 1.000 mayat telah diambil dari lokasi bencana ke rumah duka di Kota Jeddah.

Seorang pejabat jamaah haji Nigeria asal Kano mengatakan kepada BBC bahwa ia telah berkunjung ke Jeddah dan secara total, 14 truk berisipenuh dengan mayat dibawa ke kota. Dia menambahkan bahwa sebanyak 1.075 mayat dari 10 truk telah diturunkan dan dibawa ke kamar mayat.

‘’Sedangkan empat truk yang belum ditangani,’’ katanya seperti dikutip dari laman BBC, Selasa (29/9).

Sementara itu, para pejabat India, Pakistan, dan Indonesia juga melaporkan lebih dari 1.000 jiwa meninggal. Menteri Luar Negeri India Sushma Swaraj dalam akun twitternya mengatakan bahwa pemerintah Saudi telah merilis foto 1.090 jamaah yang meninggal.

Para pejabat Pakistan dan Indonesia juga telah menunjukkan bahwa lebih dari 1.000 foto korban tewas jamaah haji telah dikirim. Beberapa negara telah sangat kritis terhadap cara pemerintah Arab Saudi menangani kecelakaan itu, terutama rival nya yaitu Iran yang kehilangan lebih dari 140 warga negaranya akibat bencana tersebut.

Namun, angka terakhir yang diberikan oleh pemerintah Saudi adalah 769 jiwa. Otoritas Arab Saudi hingga kini belum menjelaskan perbedaan angka korban jiwa tragedi itu.Ulama paling senior di Arab Saudi, Mufti Sheikh Abdul Aziz bin Abdullah al-Sheikh membela pihak berwenang, mengatakan tragedi itu di luar kendali manusia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement