Rabu 10 Aug 2016 19:39 WIB

Gunung Abi Qubais Saksi Mukjizat Rasulullah SAW‎

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Agung Sasongko
Jabal Abu Qubais
Foto: Wordpress.com
Jabal Abu Qubais

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak situs bersejarah yang berlokasi di dekat Masjidil Haram, salah satunya adalah Gunung Abi Qubais. Abi Qubais adalah sebuah gunung bukit yang letaknya sangat berdekatan dengan Masjidil Haram, letaknya searah dengan letak Hajar aswad, berdekatan dengan Bukit Shafa.

Dahulu ketinggian gunung tersebut kira-kira 420 meter. Dengan berbagai penataan tata letak, Masjidil Haram saat ini sudah banyak dipugar. Gunung Abi Qubais menjadi saksi sejarah dalam beberapa kejadian perjalanan Rasulullah SAW. Apa saja kejadian tersebut?

1. Tatkala Rasulullah SAW berdakwah, beliau naik ke gunung ini dan membacakan firman Allah SWT: Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kali, dan mengendarai unta yang kurus, yang datang dari segenap penjuru yang jauh. " (QS 22:27).

2. Menjadi lokasi dalam pembuktian salah satu mukjizat Rasulullah SAW, yaitu terbelahnya bulan, dalam firman-Nya: "Telah dekat datangnya saat itu dan telah terbelah bulan." (QS 54:1). Kafir Quraisy telah meminta kepada Nabi sAW untuk membuktikan kenabiannya agar beliau membelah bulan. Maka dengan kekuasaan Allah SWT beliau telah membelah bulan menjadi dua belahan dengan tunjukan jari beliau. Peristiwa hebat ini telah disaksikan oleh kaum musyrikin Makkah bahwa bulan benar-benar terbelah dua, satu belahan berada di atas Jabal Qubais, dan belahan kedua bergerak kearah Jabal Qaiu’an atau Qu’aiqu’an yang terletak berhadapan dengan bukit Marwa

3. Menjadi salah satu dari dua gunung yang pada saat awal-awal dakwah pernah ditawarkan kepada Rasulullah SAW untuk ditimpakan kepada kaum Musyrikin Makkah.

4. Gunung yang pertama diciptakan Allah SWT di muka bumi ini, dalam sabdanya: Sesungguhnya gunung pertama yang diciptakan Allah SWT adalah gunung Abi Qubais. (HR Baihaqi). Namun hadits ini mendapat kritikan Dha'if oleh Syekh Albani dalam Shahi wa dha'if al Jami nomor 4941).

Gunung Abu Qubais dahulunya adalah gunung tandus berbatu. Bebatuannya telah menyimpan kenangan-kenangan dan kejadian-kejadian yang dicatat sejarah. Selain dari pada itu, diriwayatkan juga bahwa batu-batu yang digunakan untuk membangun Baitullah oleh nabi Ibrahim AS diambil dari Jabal Abi Qubais dan Jabal al-Ka’bah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement