Kamis 18 Aug 2016 03:45 WIB

Jamaah Haji tak Diizinkan Terima Tamu di Kamar

Calon jamaah haji Indonesia memasuki pemondokan di Madinah
Foto: ROL/Amin Madani
Calon jamaah haji Indonesia memasuki pemondokan di Madinah

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Demi keamanan pemondokan haji, jamaah haji tidak diijinkan menerima tamu di kamar selama berada dalam pemondokan Daerah Kerja (Daker) Mekkah, Arab Saudi. "Untuk keamanan, saya juga meminta kepada masing-masing sektor agar tidak ada orang selain jamaah haji yang naik turun ke hotel," kata Kepala Daker Mekkah Arsyad Hidayat di Kantor Daker Mekkah, Selasa malam waktu Arab Saudi.

Selain untuk keamanan, hal ini juga untuk kenyamanan jamaah haji lainnya. fasilitas ruang tamu. Sementara itu menjelang kedatangan jamaah haji di Mekkah, tim perlindungan jamaah maupun sektor khusus telah melakukan orientasi dan memasang beberapa petugas di sejumkah titik.

Pada Rabu malam sekitar pukul 22.30 waktu Arab Saudi 444 jamaah haji asal Embarkasi Padang (PDG) 01 akan tiba di Mekkah dan menempati Hotel Nasimat Al Khair (101) di Sektor Satu yang berada di wilayah Mahbas Jin. Kedatangan PDG 01 di Mekkah akan disusul jamaah sembilan kloter berikutnya yang dijadwalkan masuk Kota Mekkah secara berturutan pada hari yang sama.

Kedatangan kloter pertama itu akan disambut dengan penyambutan khusus misalnya pengalungan bunga, pemberian makanan, serta iringan musik khadrah. Penyambutan itu digelar agar jamaah tidak merasa asing ketika masuk hotel dan merasa tenang. Selain persiapan fisik Daker Makkah juga melakukan persiapan batin berupa doa bersama dan khataman Alquran.

"Mudah-mudahan dengan pembacaan Alquran dan doa khatmil Quran, kita bisa mendapat keberkahan untuk pelayanan haji di Arab Saudi. Mudah mudahan lancar dan tidak ada kendala," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement