Sabtu 27 Aug 2016 11:17 WIB

Di Makkah, Dilarang Potret Orang Antre Makanan

Red: Ilham
Memotret (ilustrasi)
Foto: Republika/ Darmawan
Memotret (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Di Arab Saudi, orang sepertinya tidak suka dipotret ketika mereka sedang mengantre makanan. Dilaporkan wartawan Republika.co.id, Didi Purwadi di Makkah, mereka akan langsung menghampiri ketika tahu kita sedang menjepret gambar mereka.

Seperti kejadian dua pekan lalu. Setiap habis shalat dzuhur, antrean panjang mengular di depan toko makanan cepat saji alias fastfood di jalan sebelah Hotel Dar Al-Tawhid di depan Masjidil Haram. Mereka mengantre untuk mendapatkan makanan gratis.

Ketika sedang asyik memotret antrean panjang tersebut, salah satu dari mereka langsung mencoba merebut kamera. Orang berparas Timur Tengah itu terlihat tidak suka sambil berkata, ’La (jangan)’. Jangan difoto maksudnya.

Kejadian lainnya terjadi saat mengantre makanan di toko fastfood terkenal di Arab Saudi, yakni Albaik. Antrean panjang pembeli menarik minat untuk memotretnya.

Ketika sedang memotret antrean pembeli tersebut, manajer tokonya langsung keluar dan melarang kami untuk mengambil foto. "Tolong jangan memfoto pelanggan kami. Itu mengganggu privasi pelanggan kami,’’ katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement