Jumat 13 Jan 2017 08:10 WIB

Himpuh Berharap Penambahan Kuota Menjadi Permanen

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Agus Yulianto
Dirjen PHU (Pengelenggara Haji Umroh) Kemenag Abdul Djamil memberikan kata sambutanya sekaligus membuka acara Musyawarah Kerja HIMPUH 2015 di Jakarta.  (Ilustrasi)
Foto: Republika/Darmawan
Dirjen PHU (Pengelenggara Haji Umroh) Kemenag Abdul Djamil memberikan kata sambutanya sekaligus membuka acara Musyawarah Kerja HIMPUH 2015 di Jakarta. (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji Khusus (Himpuh) bersyukur dan menyambut baik Kerajaan Arab Saudi akhirnya mengembalikan kuota haji Indonesia menjadi 211 ribu. Bahkan tahun ini, kuota ditambah 10 ribu sehingga menjadi 221 ribu orang.

"Harapan kami kuota tambahan ini menjadi permanen agar daftar tunggu jamaah haji Indonesia bisa berkurang," kata Sekretaris Jenderal HIMPUH Muharom Ahmad kepada //Republika.co.id//, kemarin.

Berdasarkan nota kesepahaman (MoU) Menteri Agama RI dengan Menteri Urusan Haji dan Umrah Arab Saudi, akan segera keluar Keputusan Menteri Agama RI (KMA) yang menetapkan alokasi kuota haji reguler maupun haji khusus. Dan juga akan ditetapkan alokasi kuota haji reguler untuk masing-masing provinsi atau kabupaten/kota. "Atas dasar itu kita menunggu tim Kemenag yang mempersiapkan pemondokan, katering, visa, dan sebagainya," kata dia.

Himpuh berharap, Menag dan DPR tidak terlalu lama agar bisa segera disosialisasikan ke publik. "(Agar) jamaah yang berhak berangkat tahun bisa segera mempersiapkan diri dengan harapan total kuota bisa diserap seluruhnya," ujar Muharom.

 

Pemulihan jumlah kuota haji serta penambahan kuota ini dilakukan setelah sebelumnya Pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk memotong jumlah kuota sebesar 20 persen bagi jamaah haji Indonesia dan negara lainya sejak 2013. Hal ini disebabkan adanya perluasan pembangunan fasilitas di Masjidil Haram di Makkah.

Pengurangan kuota jamaah haji sebelumnya telah diberlakukan selama lima tahun terakhir ini. Wakil Perdana Menteri dan Menteri Dalam Negeri Arab Saudi, yang juga Ketua Komite Haji, Putra Mahkota Muhammad Bin Naif, sepakat untuk mengembalikan kuota haji yang ada sebelum pemotongan. Dia pun berterima kasih kepada Raja Salman yang kembali menaikkan kuota baik bagi calon jamaah dari dalam maupun luar negeri.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement