Selasa 17 Jan 2017 06:13 WIB

Maluku Berharap Ada Tambahan Kuota Haji pada 2017

Jamaah melakukan tawaf mengitari Ka;bah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, pada musim haji lalu.
Foto: Republika/Didi Purwadi
Jamaah melakukan tawaf mengitari Ka;bah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, pada musim haji lalu.

IHRAM.CO.ID, AMBON --  Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Fesal Musaad mengatakan, pihaknya sedang mengusulkan ke Kementerian Agama RI terkait penambahan kuota haji untuk Provinsi Maluku pada 2017 ini. Diharapkan proses pengusulan tersebut dapat terealisasi.

"Surat resmi tertanggal 13 Januari 2017 terkait permohonan kuota haji 1438 H telah kami bawa ke Kementerian Agama RI. Diharapkan kuota haji yang tadinya 710 bisa meningkat menjadi 1.000 atau lebih, sehingga setara dengan provinsi Papua, Papua Barat, dan Maluku Utara," kata Fesal Musaad, Senin (16/1).

Kakanwil menilai, apa yang diperjuangkan Kemenag Maluku untuk penambahan kuota haji berdasarkan rasionalisasi dengan kapasitas jumlah penduduk Muslim di Provinsi Maluku yang tidak kalah jauh bila dibandingkan dengan provinsi lainnya, khususnya di kawasan Indonesia timur yang didapatkan sesuai dengan data jumlah penduduk.

"Sedang kami koordinasikan dengan Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag RI terkait dengan penambahan kuota haji. Bahkan kami sudah berkomunikasi dengan Menteri Agama RI agar Maluku diprioritaskan terkait dengan prenambahan 1.000 kuota haji untuk Maluku," ujarnya.

sumber : kemenag.go.id
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement