Rabu 08 Feb 2017 19:00 WIB

Calon Haji Dharmasraya Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

Untuk memudahkan petugas dalam memantau kondisi kesehatan calon jamaah haji yang memiliki risiko tinggi (Risti).  Pemerintah memberikan penanda gelang berwarna merah pada setiap calon jamaah haji yang memiliki risiko terserang penyakit  (Ilustrasi)
Foto: Republika/ Amin Madani
Untuk memudahkan petugas dalam memantau kondisi kesehatan calon jamaah haji yang memiliki risiko tinggi (Risti). Pemerintah memberikan penanda gelang berwarna merah pada setiap calon jamaah haji yang memiliki risiko terserang penyakit (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,  PULAU PUNJUNG - Calon haji asal Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat mulai melakukan pemeriksaan kesehatan tahap pertama di sejumlah pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) setempat. Pemeriksaan tahap pertama sudah mulai dilakukan sejak 6 sampai 23 Februari 2017. "Sedangkan pemeriksaan tahap kedua direncanakan digelar sekitar Maret," kata Kepala Seksi Penyelenggara Ibadah Haji dan Umrah Kementerian Agama setempat, Suhardi di Pulau Punjung, kemarin.

Shardi mengatakan, pemeriksaan kesehatan pertama dilakukan di empat puskesmas, yakni Puskesmas Sungai Dareh, Puskesmas Koto Baru, Puskesmas Sungai Rumbai, dan Puskesmas Sitiung. Dia menjelaskan, pemeriksaan kesehatan tahap petama dilakukan secara menyeluruh atau "medical check up" terhadap calon haji yang akan berangkat ke Tanah Suci tahun ini.

Pemeriksaan tersebut, katanya, meliputi cek laboratorium secara rekam jantung bagi calon haji masuk kategori risiko tinggi. "Pada pemeriksaan tahap pertama akan mendeteksi penyakit yang diderita calon haji," ujarnya.

Bagi calon haji yang dideteksi memiliki penyakit masuk kategori risiko tinggi, lanjutnya, akan direkomendasikan untuk menjalani perawatan kesehatan di RSUD atau dokter spesialis sesuai dengan penyakit yang diderita jamaah. Dia menyatakan, terkait biaya tes kesehatan tahap pertama untuk calon haji ditanggung sendiri oleh yang bersangkutan. "Biaya pemeriksaan kesehatan tahap pertama ditanggung setiap jamaah," ujarnya.

Dia menambahkan, kouta haji Dharmasraya untuk keberangkatan haji 2017 berjumlah 220 orang berdasarkan data yang ditetapkan dari Kementerian Agama wilayah Sumatera Barat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement