Kamis 09 Feb 2017 16:00 WIB

Calhaj Bolmong Siap Cek Darah Lengkap, EKG, dan Foto Rontgen

Seorang calon jamaah haji melakukan tes pemeriksaan kesehatan (Ilustrasi)
Foto: Antara/Mohamad Hamzah
Seorang calon jamaah haji melakukan tes pemeriksaan kesehatan (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,  SULUT -- Sesuai jadwal yang ditetapkan Dinas Kesehatan Kabupaten Bolmong, Kamis (9/2), merupakan hari pertama pemeriksaan kesehatan tahap I calon jamaah haji (CJH) Bolmong. Bertempat di Puskesmas Lolak, pemeriksaan kesehatan tahap I ini diikuti sejumlah calon haji dari Kecamatan Poigar, Bolaang, Bolaang Timur, Lolak, Sang Tombolang, Lolayan, dan Passi.

Menurut Dokter Debby Kulo, dokter resmi Dinkes Bolmong bagian pemeriksa kesehatan calon haji, seluruh calon jamaah haji harus mengikuti pemeriksaan tahap I untuk mengetahui rekam jejak awal kesehatan para jamaah sebelum menunaikan ibadah haji. "Untuk tahap I dilakukan di Puskesmas Lolak. Pemeriksaan umum dilakukan kepada seluruh CJH, yakni detak jantung, tekanan darah, berat badan, dan pemeriksaan riwayat penyakit yang pernah diderita dan sebagainya," ujar dia.

Usai pemeriksaan, oleh dokter, para alhaj akan diberikan pengantar untuk melakukan check up darah lengkap, EKG, dan foto rontgen. "Tahun lalu pemeriksaan lengkap lanjutan ditangani oleh RS Datoe Binangkang. Namun, kali ini, pihak RS DB belum siap akibat baru direlokasi. Maka, pemeriksaan dialihkan ke Laboratorium Prodia Kotamobagu," ungkapnya. Jadi untuk pemeriksaan cek darah lengkap akan ditangani pihak Prodia, sedangkan EKG dan Foto Rontgen dilakukan di RS Monompiaa Kotamobagu.

Melalui pemeriksaan ini, lanjutnya, akan diketahui hasilnya jika ada CJH yang mengidap penyakit serius dan perlu untuk melakukan pemeriksaan tahap II di RS. "Karena yang ikut pemeriksaan tahap II hanya CJH yang berusia 50 tahun ke atas atau yang memiliki penyakit serius. Untuk yang kesehatannya bagus, tidak perlu ikut pemeriksaan tahap II," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement