Ahad 19 Feb 2017 20:45 WIB

Jamaah Calon Haji Labuhanbatu Selatan 475 Orang

Seorang pemandu manasik haji sedang memberikan panduan kepada calon jamaah haji di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur, Ahad (31/7). (foto : MgROL_76)
Seorang pemandu manasik haji sedang memberikan panduan kepada calon jamaah haji di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur, Ahad (31/7). (foto : MgROL_76)

IHRAM.CO.ID, KOTAPINANG --Kementerian Agama Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara menyebutkan jumlah jamaah calon haji asal daerah itu yang akan diberangkatkan ke tanah suci Mekkah-Madinah tahun ini berjumlah 475 orang.

Kepala Kantor Kemenag Labuhanbatu Selatan, Chairul Syam di Kotapinang, Selasa mengatakan, meski belum ada kepastian mengenai jumlah tersebut, namun angkanya tidak akan jauh meleset dari yang diperkirakan tersebut.

Pihaknya juga belum melakukan persiapan terkait penyelenggaraan ibadah haji tahun 1437H/2016M untuk Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

"Jumlahnya kemungkinan sekitar 475 orang. Tahun lalu yang kita perhitungkan sebanyak 420 orang dan yang berangkat 412 orang," katanya.

Secara teknis, ujar Chairul Syam, pihaknya masih menunggu aba-aba dari Kanwil Kemenag Propinsi Sumatera Utara terkait berbagai agenda penyelenggaraan ibadah haji.

Setelah ada petunjuk dari Kanwil Kemenag baru akan ada penjadwalan dan persiapannya dilakukan. Belum ada jadwal kapan waktu dan besaran biaya pelunasan BPIH, berapa kuota, kapan penetapan peserta, dan kapan perekrutan petugas.

Namun, sebanyak 475 CJH yang diperkirakan berangkat itu sejak beberapa waktu lalu sudah mengikuti manasik (bimbingan) pelaksanaan ibadah haji yang dilaksanakan di setiap kecamatan.

Manasik tersebut dibiayai Pemkab Labuhanbatu Selatan melalui Ikatan Persaudaraan haji Indonesia (IPHI) yang disalurkana ke IPHI masing-masing kecamatan.

"Secara umum tidak ada masalah dalam persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. Saat ini para calon jamaah di lima kecamatan telah melaksanakan manasik yang biayanya ditanggulangi APBD 2017," katanya.

    •   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement