Rabu 08 Mar 2017 19:49 WIB

Mengapa Disebut Jabal Magnet?

Rep: Mgrol95/ Red: Agung Sasongko
Jabal Magnet
Jabal Magnet

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Pernah mendengar Jabal Magnet? Ya, Jabal Magnet adalah sebuah bukit di luar wilayah suci Madinah.

Disebut Jabal Magnet, lantaran di tempat ini air, kendaraan, dan benda apapun dapat bergerak menanjak dengan sendirinya. Bahkan sebuah mobil dapat menyentuh kecepatan 120km/jam. Sebaliknya, jika kendaraan tersebut bergerak menuju Jabal Magnet akan terasa amat berat.

Beberapa pendapat mengatakan, wilayah ini merupakan daerah dengan medan magnet terkuat di dunia. Ada juga yang mengatakan bukit ini mengandung biji besi di dalamnya. Namun, teori ini terbantahkan ketika air yang notabene tidak mengandung besi dapat mengalir keatas.

Ahli fisika, Brock Weiss mengatakan kalau fenomena ini hanyalah ilusi optic belaka yang disebabkan terhalangannya cakrawala. Hal tersebut menyebabkan manusia tidak dapat menerjemahkan lereng dari suatu permukaaan.

Namun kita sebagai manusia hanya bias berpendapat dan bertanya-tanya atas ciptaan Allah SWT. Hanya Allah SWT yang mengetahui semua rahasia dibalik ciptaanya.

(Sumber : Ensiklopedia Peradaban Islam Madinah).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement