Kamis 27 Apr 2017 10:57 WIB

Kemenag Sumsel Siapkan 350 Cadangan Calhaj

Calon jamaah embarkasi Palembang menanti giliran pembagian gelang dan paspor (Ilustrasi)
Foto: Antara/Feny Selly
Calon jamaah embarkasi Palembang menanti giliran pembagian gelang dan paspor (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, PALEMBANG  -- Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Selatan (Kanwil Kemenag Sumsel) menyiapkan 350 cadangan calon jamaah haji untuk diberangkatkan pada 2017. Cadangan calon jamaah haji ini untuk menggantikan posisi calon yang sebenarnya sudah mendapatkan jatah, tapi kemudian berhalangan berangkat.

"Kemenag telah menyiapkan cadangan calon jamaah untuk menggantikan yang berhalangan dalam menunaikan rukun Islam kelima," kata Kasubag Humas Kanwil Kemenag Sumsel Saefudin Latief di Palembang, kemarin.

Penyiapan cadangan calon jamaah haji itu penting karena pada umumnya yang mendapatkan jatah kemungkinan ada yang berhalangan berangkat. Tiap tahun, pihaknya menyiapkan cadangan calon jamaah haji. Namun, dia tidak merinci jumlah tahun sebelumnya.

"Cadangan calon jamaah haji tersebut ada yang telah mempersiapkan diri seperti melunasi biaya perjalanan ibadah haji," ujarnya.

Menurut Saefudin, pada 2017, Sumsel mendapatkan tambahan untuk pemberangkatan calon jemaah haji. Sebelumnya Sumsel mendapat jatah 6.300 orang, tapi karena ada pemotongan beberapa tahun terakhir ini, maka hanya diberangkatkan 5.040 jamaah.

Untuk kuota tahun ini kembali normal bahkan ada penambahan yang jumlah seluruhnya mencapai 6.988 orang.

"Jamaah calon haji itu akan diberangkatkan ke Tanah Suci akhir Juli 2017. Mereka akan masuk asrama terlebih dahulu sehari sebelum berangkat," ujar dia.

Selain jamaah Sumsel, juga akan diberangkatkan dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang calon haji Bangka Belitung melalui embarkasi Palembang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement