Kamis 27 Jul 2017 17:18 WIB

MUI Berharap Penyelenggaraan Haji Tahun Ini Lebih Baik

Rep: Muhyiddin/ Red: Ilham Tirta
KH Cholil Nafis
Foto: dok.Pribadi / cholilnafis.tv
KH Cholil Nafis

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kuota Jamaah haji Indonesia tahun mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Jumlah seluruhan jamaah haji mencapai 221 ribu. Karena itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) berharap penyelenggaraannya lebih baik lagi dari tahun sebelumnya.

Ketua Komisi Dakwah MUI, KH Cholil Nafis mengatakan, sejauh ini, penyelenggaraan haji sudah berjalan cukup baik. Namun, ia tetap berharap penyelenggaraan ibadah haji lebih baik lagi.

"Saya pikir penyelenggaraan haji cukup baik sejak kepemimpinan Menteri Pak Lukman itu ada peningkatan, baik dari tersedianya pemondokan yang dekat dan pengurusan surat-surat seperti paspor sudah selesai. Saya berharap tidak ada halangan dan ke depan lebih baik lagi," ujar Kiai Cholil kepada Republika.co.id, Kamis (27/7).

Selain itu, ia juga berharap agar penyelenggaraan haji tahun ini dapat menciptakan pembimbing haji yang dapat membangun Indonesia menjadi lebih lagi, sehingga dapat melayani jamaah haji secara maksimal.

Hal senada juga disampaikan Ketua Umum MUI, KH Ma'ruf Amin. Namun, ia lebih berharap agar Badan Pelaksana Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dapat mengelola keuangan haji dengan baik. Menurut dia, hal itu perlu dilakukan untuk kepentingan pelayanan jamaah haji ke depan.

"Ya kita harapkan lebih baik lagi. Jadi ini supaya lebih dikelola lebih baik lagi. Apalagi, sekarang ini kan pelayanan juga ada dana-dana haji yang bisa dikelola Rp 100 triliun. Tentu ini juga bisa disumbangkan untuk kepentengan pelayanan lebih baik bagi jamaah haji Indonesia," kata Kiai Ma'ruf usai menggelar acara Tasyakur Milad MUI ke-42 di Balai Sarbini, Jakarta, Rabu (26/7), malam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement