Senin 30 Oct 2017 16:30 WIB

Umrah Lanjut Wisata, Paket Hijau atau Biru Patuna Travel

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Agus Yulianto
Jamaah haji Patuna Travel (Ilustrasi)
Foto: Dok Patuna
Jamaah haji Patuna Travel (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Patuna Travel salah satu travel dalam Asosiasi Penyelenggara Haji dan Umrah Inbond Indonesia (Asphurindo), menyediakan paket wisata lanjutan setelah umrah. Jamaah disarankan memilih paket hijau atau biru.

Ketua Umum Asphurindo Syam Resfiadi memaparkan sejumlah paket yang telah disiapkan sejak Januari 2017, dengan harga yang sama antara paket reguler dan paket high session Desember 2017 mendatang. Untuk Patuna Travel,kita sudah siapkan dari Februari 2017 paket-paket untuk akhir tahun dan untuk seluruh musim. Sekarang kita juga sudah siapkan paket-paket untuk tahun berikutnya, ujar Syam kepada Republika.co.id, Senin (30/10) sore.

Setelah selesai musim umrah tahun ini, Patuna Travel sudah mulai langsung untuk penjualan musim tahun berikutnya. Sehingga Patuna Travel sudah punya block. Seperti block tiket pesawat agar disesuaikan dengan tanggal yang sudah disiapkan.

Setelah itu kita akan ajukan ke klien, jika sudah oke, kita bayar deposit. Dan paketnya itu macam-macam ya. Mulai dari tarif bawah sampai tarif atas. "Kita sebutnya dengan paket warna ya, paling bawah itu warna coklat, lalu naik di atasnya biru, lalu naik di atasnya hijau, lalu paling atas ungu," ujar Syam.

Patuna Travel memiliki hanya paket unrah saja, atau paket umrah dilanjutkan wisata, atau paket wisata saja. Kemudian, keberangkatan sudah dimulai sejak awal Desember 2017, dan puncaknya ada pada 20-27 Desember 2017, dimana libur sekolah anak sudah dimulai sejak 20 Desember 2017.

Paket-paket Patuna Travel misalnya, Paket Coklat merupakan paket paling murah. Paket Coklat via Jeddah, dimulai dari Rp 27 jutaan untuk satu kamar berisi empat orang, keberangkatan pada 9, 16, dan 18 Desember 2017. Sementara Paket Coklat via Madinah, harga dimulai dari Rp 25 jutaan untuk satu kamar berisi empat orang, keberangkatan pada 2, 11, dan 16 Desember 2017.

Kemudian untuk Paket Ungu merupakan paket paling mahal. Paket Ungu via Madinah, harga dimulai dari Rp 45 jutaan untuk satu kamar berisi tiga orang, keberangkatan pada 4 dan 17 Desember 2017.

Kedua paket itu tidak ada perubahan dengan paket reguler sebelum high session. Sementara, untuk paket lanjutan wisata hanya ada di Paket Biru dan Paket Hijau. Jadi, bagi jamaah yang ingin melanjutkan wisata setelah umrah misalnya ke Istanbul atau Dubai, disarankan memilih Paket Biru atau Paket Hijau.

Kalau liburan begini, banyak keluarga bawa anaknya. Dan yang libur Desember nanti itu seluruh dunia, bukan Indonesia saja. Jamaah anak bisa meningkat 100 persen kalau liburan begini. "Itu jadi high session, karena seluruh kegiatan di akhir tahun masehi banyak pelajar yang libur dan yang kerja cuti, papar Syam.

Karena memang high session, diungkapkan dia, konsekuensinya memang harga hotel tinggi, harga tiket pesawat tinggi, harga bus juga tinggi. Semua jadi tinggi harganya. "Tapi paket tidak berubah karena sudah ditentukan dari awal tahun," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement