Jumat 09 Feb 2018 20:10 WIB

Universitas Arab Saudi Buka Fakultas Pariwisata untuk Wanita

Rincian kelas perempuan di fakultas pariwisata sedang dipelajari

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Esthi Maharani
Perempuan Arab Saudi
Foto: AP
Perempuan Arab Saudi

IHRAM.CO.ID,  JEDDAH - Fakultas Pariwisata di Universitas King Abdulaziz, Arab Saudi, berencana akan membuka kelas khusus perempuan di tahun depan. Ibrahim Alsini, Kepala Departemen Perhotelan di universitas tersebut mengatakan para mahasiswi diperbolehkan masuk ke fakultas ini mulai tahun ajaran berikutnya.

"Kami mendapat banyak masukan dari sejumlah mahasiswi yang ingin mengubah jurusan mereka menjadi jurusan pariwisata. Hal itu tidak mungkin, sampai kami memulai kelas bagi perempuan secara resmi. Industri ini haus akan para profesional," jelas Alsini yang menyambut baik gagasan perempuan memasuki fakultas pariwisata.

Rincian yang tersedia untuk membuka kelas perempuan di fakultas pariwisata saat ini sedang dipelajari. Kelas pariwisata bagi laki-laki selama ini meliputi jurusan manajemen perhotelan, manajemen perjalanan dan pariwisata, manajemen acara, manajemen sumber daya warisan budaya, pemandu wisata, dan seni kuliner.

"Program kami saat ini diajarkan dalam bahasa Inggris, bersama dua kursus bahasa Prancis. Hampir 70 persen kursus kami adalah praktik. Kami secara akademis bermitra dengan Ecole Hoteliere de Lausanne dari Swiss, School of Hospitality and Tourism Management di Universitas Politeknik Hong Kong, dan Sekolah Protokol Washington," papar Alsini, dikutip Arab News.

Arab Saudi telah menekankan upaya untuk mempromosikan sektor pariwisata. Riyadh juga akan meningkatkan partisipasi perempuan dalam angkatan kerja sebagai bagian dari Visi 2030.

Arab Saudi telah mengubah peraturan visa bagi pengunjung untuk mendorong sektor pariwisata di kerajaan tersebut. Kemajuan di sektor hiburan dan perubahan undang-undang untuk memungkinkan perempuan bisa memasuki stadion olah raga juga diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan.

Perempuan Arab Saudi telah menunjukkan kemampuan mereka di sektor pariwisata dengan bekerja sebagai penyelenggara dalam perayaan General Entertainment Authority, dan juga sebagai pekerja di perhotelan dan manajemen hotel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement