Sabtu 17 Feb 2018 14:54 WIB

1.300 Muslimah India Berhaji tanpa Mahram

Mayoritas Muslimah yang berhasi tanpa mahram sedang bersiap dari Kerala.

Rep: Lida Puspaningtyas / Red: Karta Raharja Ucu
Suasana renovasi Mataf Masjidil Haram.
Foto: Dok. Kemenag/ Arsyad Hidayat
Suasana renovasi Mataf Masjidil Haram.

IHRAM.CO.ID, MALAPPURAM -- Pathutty akan menjadi satu di antara 1.300 perempuan yang berada di bawah naungan kebijakan India, yakni berhaji tanpa mahram. Selain dia, ada 98 persen perempuan lainnya sedang bersiap dari Kerala.

Pathutty tidak pernah keluar dari Kerala sendirian. Ia bahkan tidak pernah pergi kemana-mana sendirian. "Selama empat tahun terakhir, saya mengajukan diri dengan mahram tapi tidak pernah dapat kuota," kata dia dilansir NDTV, Jumat (16/2).

Tahun ini, ia mendapat informasi bahwa perempuan kini boleh mengajukan haji tanpa wali. Ia senang akhirnya ada kuota khusus untuk kategori ini sehingga bisa terpilih.

Perempuan diizinkan berhaji tanpa mahram asal dalam kelompok yang terdiri dari empat orang. Kebijakan ini sudah diterapkan Saudi sejak 2014, tetapi baru diterapkan tahun ini oleh pemerintah India.

 

Jika hanya ada satu sampai tiga perempuan, maka masih perlu mahram. Menurut laporan, 98 persen dari 1.300 jatah kuota diambil oleh perempuan asal Kerala.

Negara bagian yang punya banyak populasi Muslim, seperti Gujarat dan Andhara tidak menerima aplikasi kategori ini. Sebanyak 1.300 kuota tersebut merupakan 1,3 persen dari total jamaah haji dari India.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement