Senin 25 Jun 2018 16:12 WIB

Persiapan Asrama dan Embarkasi Haji Telah Selesai

Ada beberapa pemeriksaan terakhir soal kesiapan asrama haji.

Rep: Novita Intan/ Red: Agung Sasongko
Para pelakon memeragakan berbagai persoalan yang banyak dihadapi para petugas haji dalam simulasi di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Ahad (3/6).
Foto: Republika/Fitriyan Zamzami
Para pelakon memeragakan berbagai persoalan yang banyak dihadapi para petugas haji dalam simulasi di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Ahad (3/6).

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) menyebut seluruh persiapan penyelenggaraan ibadah haji di Madinah dan Makkah telah berjalan sesuai harapan.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag, Ahda Barori mengatakan seluruh persiapan pemondokan haji di Arab Saudi, baik di Makkah maupun Madinah juga sudah selesai.

“Secara umum persiapan haji sudah siap, kesiapan asrama haji jdan embarkasi juga sudah siap,” ujarnya ketika dihubungi Republika.co.id, Senin (25/6).

photo

 

Hanya saja, menurutnya, ada beberapa pemeriksaan terakhir soal kesiapan asrama haji.  “Hanya pemeriksaan terakhir survailen dua minggu sebelum operasional. Lalu menunggu kesiapan terakhir dua minggu sebelm operasional di fixed kan,” ucapnya.

Sebelumnya, Ahda mengatakan saat ini panitia penyelenggara ibadah haji tinggal melakukan kontrak kerja sama dengan pihak hotel atau dengan penginapan.

"Persiapan pemondokan di Arab Saudi sudah selesai. Tinggal sekarang baru kontrak-kontrak. Artinya penyewaannya sudah selesai, baru kontrak-kontrak sekarang," ujar Ahda.

Menurut dia, penginapan di Madinah yang memakai sistem sewa full musim 80 persen dan 20 persennya menggunakan sistem semi musim. Sementara itu, di Makkah semuanya sistem full musim.

photo
Infografis jamaah haji dunia

Ia mengatakan, pemondokan jamaah calon haji Indonesia di Madinah memperoleh tempat di ring satu dan seluruh jamaah akan secara bergantian datang dan pergi. Sementara, di Makkah sendiri Jamaah Indonesia paling jauh mendapat pemondokan sekitar empat kilometer dari Masjidil Haram.

"Ada yang sampai empat kilolah paling jauh. Tapi semuanya difasilitasi sama angkutan shalawat," ucapnya.

Ia menambahkan, persiapan penyelenggaraan ibadah haji di dalam negeri juga sudah siap. Menurut dia, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji ( PPIH) di berbagai Embarkasi.

"Kalau persiapan di dalam negeri juga sudah. Sekarang lagi mempersiapakan PPIH Embarkasi, kemudian kaitannya dengan jamaah. Nanti jamaah fiksnya nanti teman-teman di provinsi itu mengirim paspor setelah tahap pelunasan kedua tanggal 26 Mei," kata Ahda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement