Selasa 26 Mar 2019 22:22 WIB

Saudi Lelang Tender Tenaga Surya di Makkah Menuju Visi 2030

Proyek ini wujud bangun proyek energi hijau di Makkah.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nashih Nashrullah
Menteri Energi Arab Saudi Khalid al-Falih
Foto: Reuters
Menteri Energi Arab Saudi Khalid al-Falih

IHRAM.CO.ID, RIYADH — Pemerintah Arab Saudi melelang tender pembangunan proyek tenaga surya sebesar 600 MW di Makkah, Saudi. Proyek itu merupakan bagian dari rencana Kerajaan Arab Saudi (KSA) membangun proyek energi hijau sebesar 2.600 MW di kota itu.

Seperti dilansir di Meconstructionnews.com pada Selasa (26/3), Kementerian Energi, Industri, dan Sumber Daya Mineral Saudi menjelaskan pembangunan proyek itu menjadi langkah penting untuk mencapai tujuan energi terbarukan di KSA. 

Baca Juga

Dengan demikian, ada pemanfaatan optimal dari sumber daya dan energi sesuai dengan Visi Saudi 2030.

Menteri Energi, Industri, dan Sumber Daya Mineral Saudi, Khalid al-Falih mengumumkan pembangunan proyek itu usai menandatangani perjanjian dengan Pangeran Khalid al-Faisal yang menjabat sebagai Penjaga Dua Masjid Suci dan Penasihat untuk Emir di wilayah Makkah. 

Dalam perjanjian itu, Al-Falih menjelaskan Kementerian Energi Saudi berkoordinasi dengan Otoritas Pengembangan Makkah tengah mengembangkan proyek Tenaga Surya Faisaliah 2.600 MW secara bertahap. 

Sesuai ketentuan perjanjian, Kantor Pengembangan Proyek Energi Terbarukan (REPDO) akan menawarkan pembangunan proyek sebesar 600MW untuk lelang. 

Sementara itu, Dana Investasi Publik dan mitranya akan mengimplementasikan pembangunan sebesar 2.000 MW secara langsung.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement