Sabtu 29 Jun 2019 19:00 WIB

Siapkan Fisik Hadapi Cuaca Panas Saudi

Jamaah disarankan mengonsumsi makanan dan minuman yang disiapkan dokter,

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Agung Sasongko
Haji
Haji

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Kasubdit Pengawas Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama Republik Indonesia Noer Alya Fitra mengimbau kepada para jamaah haji supaya mempersiapkan kondisi fisik sebelum keberangkatan. Noer menyarankan jamaah mengonsumsi makanan dan minuman yang disa rankan oleh dokter atau petugas kesehatan umrah maupun haji.

"Selanjutnya jangan terlalu ba nyak keluar hotel jika tidak ada keperluan penting. Kecuali, jika mau beribadah ke Masjidil Haram," kata Noer kepada Republika, belum lama ini..

Dia menambahkan, jika jarak dari hotel ke Masjidil Haram jauh, shalat berjamaah bisa dila kukan di masjid-masjid terdekat. "Jangan lupa perbanyak minum dan gunakan masker, pelindung wajah atau pelindung kepala saat keluar terik matahari," tutur dia.

Calon jamaah haji asal Tegal, Jawa Tengah, Risqi Budi meng aku, mu lai bersiap untuk mena han cuaca panas selama di Tanah Suci. Pasalnya, ia akan segera berangkat ke sana pada awal atau perte ngah an bulan depan.

"Kemarin sudah ada sosialisasi dari dinas kesehatannya. Jadi, disuruh pakai masker terus bawa semprotan air buat sesekali bersihin debu di masker," ujarnya saat dihubungi. Risqi menambahkan, para calon jamaah haji pun diim bau membawa obat-obatan, terutama jika sudah berusia lanjut. "Sama (di imbau) pakai topi gitu paling," ka ta dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement