Selasa 16 Jul 2019 17:34 WIB

Jasa Penukaran Riyal Pun Meraup Untung

jasa penukaran ini bisa memperoleh keuntungan yang lumayan.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Agung Sasongko
Petugas merapihkan mata uang Saudi Riyal di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Senin (23/7).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Petugas merapihkan mata uang Saudi Riyal di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Senin (23/7).

IHRAM.CO.ID,UNGARAN — Ada yang menarik perhatian para calon jamaah haji asal Kabupaten Semarang, saat mengikuti acara pelepasan calon jamaah haji, oleh Bupati Semarang, di pendopo rumah dinas Bupati Semarang, di Ungaran, Kabupaten Semarang, Selasa (16/7).

Di antara para belasan penjual pernak- pernik dan perlengkapan haji dadakan, yang membuka lapak di halaman masjid agung Al Mabrur IPHI Kabupaten Semarang tersebut, ada salah satu lapak yang banyak diburu calon jamaah haji.

Lapak yang juga menjual pernak- pernik haji tersebut ternyata juga Penyedia jasa penukaran mata uang Riyal. Lapak ini menyediakan sejumlah bendel uang Riyal, yang tiap bendelnya berisi 100 lembar pecahan 1 Riyal (100 Riyal).

“Mumpung ada, lebih baik saya menukarkan Rupiah dengan pecahan Riyal sekarang,” ungkap Marfuastuti (58), salah seorang calon jamaah haji asal Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang.

Untuk satu bendel pecahan 1 Riyal ini, jelasnya, ia harus menukarnya dengan uang tunai Rp 550.000. Ia mengaku butuh pecahan Riyal tersebut untuk uang sedekah, selama menunaikan ibadah haji di tanah suci nanti.

Ia mengaku selama ini memang belum menyiapkan uang pecahan Riyal. Kebetulan pada saat acara pelepasan haji di pendopo Kabupaten Semarang ini ada jasa penukaran uang Riyal di antara para pelapak pernak- pernik dan perlengkapan haji.

Makanya ia memilih kesempatan ini untuk menukarkan Rupiah dengan Riyal tersebut dari pada terlewatkan (lupa) karena sibuk oleh berbagai persiapan untuk keberangkatan ke asrama haji, akhir bulan nanti.

“Saya juga tidak tahu berapa nilai tukar kurs Riyal untuk saat ini, tetapi karena saya butuh mending menukarkan sekarang,” tambahnya.

Sementara itu, Mufid, salah satu pejaga lapak penukaran uang Riyal ini mengatakan, untuk penukaran pecahan 1 Riyal dihargai Rp 5.500. Jadi satu bendel yang berisi 100 lembar pecahan 1 Riyal ini ditukar dengan harga Rp 550.000.

Ia juga mengungkapkan, pada saat kegiatan semacam pelepasan calon jamaah haji ini pecahan Riyal memang banyak diburu para calon haji. Sehingga ia pun tak menampik jika dari jasa penukaran ini bisa memperoleh keuntungan yang lumayan.

“Kebetulan sudah ada banyak calon jamaah haji yang menukar kan Rupiahnya ke Riyal, belum dihitung,” katanya, sambil terus menawarkan bendelan pecahan Riyal kepada para calon jamaah, yang tengah memburu pernak- pernik haji.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement