Senin 19 Aug 2019 09:25 WIB

455 Jamaah Haji Makassar Tiba di Indonesia

Ratusan jamaah haji Makassar ini kembali dengan lancar dan selamat.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Elba Damhuri
Kedatangan Jamaah Haji Koter Pertama.
Foto: Republika/ Wihdan
Kedatangan Jamaah Haji Koter Pertama.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kloter pertama jamaah haji Makassar hari ini (18/8) tiba di Bandar Udara Sultan Hasanuddin. Kepala Bidang Pelayanan dan Fasilitas Bandar Udara Otoritas Bandar Udara Wilayah V Dadang Indranegara mengatakan dari jumlah jamaah tersebut terdiri dari 297 orang perempuan dan 158 orang laki-laki.

"Jamaah haji yang pulang tiba di Bandar Udara Sultan Hasanuddin Makassar dengan selamat aman dan lancar," kata Dadang dalam penyataan tertulis yang diterima Republika, Ahad (18/8).

Dia menjelaskan jamaah haji diberangkatkan dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah pada pukul 00.40 waktu setempat dan tiba di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar pada pukul 17.25. Para jamah tersebut menggunakan maskapai Garuda Indonesia Airlines Boeing 747-400 dengan nomor penerbangan GA 1201.

Dadang mengungkapkan demi kelancaran kedatangan kloter pertama debarkasi haji Makassar maka semua personel terutama Inspektur penerbangan ikut membantu kelancaran kedatangan jamaah. "Ini untuk membantu para jamaah haji turun dari pesawat untuk dimobilisasikan menuju ke asrama haji," jelas Dadang.

Dia mengatakan selain itu inspektur penerbangan bidang kelaikudaraan segera melakukan ramp check pesawat untuk mengecek )aik terbangnya pesawat yang membawa jamaah haji. Terutama untuk melakukan pengecekan sebelum pesawat diberangkatkan kembali ke Jeddah untuk membawa pulang jamaah haji ke Indonesia.

Dadang menambahkan inspektur penerbangan lainnya juga ikut bersama dengan para stakeholder yang terlibat dalam angkutan haji  untuk memobilisasi jamaah menuju bus. "Sebab bus akan membawa jamaah haji ke asrama haji dan  semua jamaah haji ini berasal dari Makassar," jelas Dadang.

Secara keseluruhan, Jamaah Haji Debarkasi Makassar yang direncanakan tiba di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar berjumlah 18.092 orang. Jumlah tersebut terbagi menjadi 40 kloter yang terdiri dari 17 kloter pada gelombang satu dan 23 kloter pada gelombang dua.

Pada Embarkasi Makassar, Bandara Sultan Hasanuddin sebagai Bandara Embarkasi utama juga melayani jamaah haji asal Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat. Begitu  juga dengan penerbangan embarkasi antara Gorontalo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement