Jumat 24 Jul 2020 04:31 WIB
Hagia Sophia

Hagia Sophia Menjadi Masjid, di Spanyol Masjid Jadi Gereja

Nasib masjid di Andalusia Spanyol.

Masjd (Mesquita de Cordoba), di Spanyol.
Foto:

Dalam sejarah Spanyol, masjid adalah bagian integral dari lingkungan sosial, politik dan budaya negara ini terkiat kejayaan Islam di Andalusia. Dengan pengecualian dari sisa-sisa Masjid Agung Cordoba abad ke-10, memang sangat sedikit dokumentasi yang tersedia dalam bahasa Inggris tentang masjid-masjid kuno bersejarah ini.

Kini, hanya ada perkiraan tentang jumlah masjid peninggalan zaman Andulia itu. Namun, terlihat jelas tampaknya ada ribuan masjid di Spanyol Muslim.  Bahkan, menurut satu perkiraan, kala itu sebenanrya ada 3.000 masjid, pemandian dan istana di kawasan Cordoba saja.

Semua ini terjadi pada abad ke-10, ketika Cordoba yang merupakan salah satu kota terbesar di dunia dan memiliki lebih dari 250.0000 bangunan yang tersebar di area seluas dua puluh empat mil panjang dan lebar enam mil. Saat ini berbagai masjid tua di Cordoba ini hilang tanpa jeja. Yang terisa hanya Masjid Agung Cordoba dan beberapa reruntuhan lainnya seperti menara masjid di kawasan San Juan.

Pada era kekuasaan Islam di Andalusia, tercatat ada 137 masjid di kawasan yanng disebit Madinah Grenada, atau nama ibu kota Emirat Granada (1230-1492). Selama periode ini kota 'Madinah Granada' adalah salah satu kota terbesar di Eropa, Setelah terjadinya penaklukan oleh tentara Salib atau sewaktu zaman Inquisisi, granda kemudian menjadi tempat tujuan sejumlah besar Muslim yang mencari perlindungan setelah diusir dari daerah-daerah yang dikuasai Kristen.

Mezquita Catedral de Córdoba what to see

Akibat pengusiran atas adanya Inquisisi ini, Granda menjadi pilihan atas tujuan perpindahan besar-besaran penduduk Andalusia yang memilih pergi dari negaranya karena tak sudi berpindah agama. Akibatnya, mulai saat itu --yakni pada tahun 1450-- kota Granada kota terbesar di Eropa dalam hal jumlah penduduk.

Berbeda dengan hari ini, kala kekuasan Andalusia berjaya, masjid berdiri di mana-mana di Spanyol. Jadi berbeda dengan masa kini yang terbatas hanya di kota-kota besar. Kota-kota kecil dan kota-kota kecil pun kala itu memiliki banyak masjid

Setidaknya saat itu ada 18 masjid di kota Jerez. Dan sisanya kini hanya satu. Fungsinya pun berubah tak lagi sebagai masjid namun benteng kota dengan nama  Alcazar Jerez de la Frontera.  

Sedangkan di Velez Malaga (saat itu disebut Ballis Medina) setidaknya ada 16 masjid selama periode Emirat Nazari Granada. Di Ronda, kota yang lebih kecil Velez Malaga, memiliki 7 atau 8 masjid. Keberadaan masjid tersebut  saat ini hanya tersisa dalam bangnan menara dalam ukuran sedang.

Semenyata di kota Toledo, saat ini terdapat sekitar 5 masjid lama masih dengan struktur asli setidaknya sebagian dilestarikan, seperti yang ditunjukkan dalam daftar di bawah ini.

Berikut daftar masjid di Andalusia baik yang masih utuh atau tinggal reruntuhan.

 

 

Nama Masa Kini Nama Masjid Gambar Kota Provinsi Tahun Dibuka Tahun di tutupClosed   Keterangan Ref.
Mosque–Cathedral of Córdoba Great Mosque of Córdoba (Qurṭuba), Aljama Mosque Mezquita de Córdoba desde el aire (Córdoba, España).jpgMosque Cordoba.jpg Córdoba Andalusia Awal abad ke 8 Masehi  1236 Setelah penaklukan Muslim atas Kerajaan Visigothic (710 M) , situs bekas gereja Visigothic utama Cordoba dibagi antara Muslim dan Kristen selama tujuh dekade. Belakangan, Sultan Abd al-Rahman I membeli bagian Kristen dan membangun masjid agung pada 785.  Berbagai Ekstensi-utama  bangunan ditambahkan pada abad ke-9 dan ke-10, sampai ekstensi terakhir pada abad ke-10 di bawah Sultan Almansur. Setelah orang-orang Kristen merebut Cordoba pada tahun 1236, Raja Ferdinand III dari Kastilia mengubah masjid menjadi sebuah katedral. Kemudian, sebuah katedral dibangun di tengah-tengah masjid lama, mengonfigurasi Masjid-Katedral Cordoba saat ini. Itu adalah masjid terbesar kedua di dunia setelah Masjid Agung Makkah dari sekitar abad ke-9, sampai Masjid Sultan Ahmed, Istanbul dibangun pada 1588. Itu memiliki luas permukaan 23.400 meter persegi (2,34 ha) dan menampung sekitar 32.000 hingga 40.000 jamaah Struktur masjid saat ini berasal dari 784 hingga 987 M. [1][9]
Mosque of Cristo de la Luz Mezquita Bab-al-Mardum Mezquita Cristo de la Luz de Toledo.jpg Toledo Castilla–La Mancha 999 1186 Diubah menjadi gereja. Salah satu masjid Moor terbaik di Spanyol. [
Giralda Great Mosque of Seville Sevilla Cathedral - Giralda.jpg Seville Andalusia   1248 Hanya menara yang tersisa. Masjid sebanding dengan masjid Agung Cordoba, hancur oleh gempa bumi pada tahun 1365. Menara yang digunakan sebagai menara lonceng gereja dibangun lebih tinggi pada abad ke-16.  
Mezquita de Almonaster la Real   Almonaster la real vue d'ensemble.jpg Almonaster la Real Andalusia 10th century   Dibangun di situs Basilika Visigoth abad ke-5. Dikonversi menjadi Gereja setelah Reconquista. Monumen Nasional sejak 1931.  
Mezquita del Alcázar de Jerez la Frontera   Mezquita del Alcázar de Jerez (33047903241).jpg Jerez de la Frontera (Jerez) Andalusia 11th century mid 13th century Terletak di bekas benteng Moor (Muslim Spanyol) di Alcazar of Jerez de la Frontera. Hanya bangunan masjid yang masih hidup dari 18 bekas masjid di kota Jerez. Dikonversi menjadi gereja setelah Reconquista.  
Mosque of las Tornerías Al-Mustimim Visita a las obras de rehabilitación de la Mezquita de Tornerías (43539278162).jpg Toledo Castilla–La Mancha 1060[10]   Masjid bertingkat dua yang tidak biasa. Dibangun di lingkungan komersial yang sibuk (Arrabal de Francos). Digunakan sebagai gereja hingga 1498-1505, dan penggunaan lainnya sejak itu. Pemulihan dan pelestarian dilakukan baru-baru ini.  
Mezquita de Tórtoles   Mezquita de Tórtoles, Tarazona, Zaragoza, España, 2017-05-23, DD 66.jpg Tarazona Aragon   15th century Masjid hampir tidak berubah di abad-abad berikutnya. Bangunan saat ini dibangun dalam 2 tahap, satu awal abad ke-15, lainnya akhir abad ke-15. Bangunan itu melekat pada sisa-sisa menara benteng kota yang telah dibentengi. Dikonversi menjadi gereja pada 1526.  
Aljama Mosque of Medina Azahara Aljama Masjid of Madinat al-Zahra Mezquita de Medina Azahara.jpg Córdoba Andalusia 940 1010 Sebuah masjid di Madinat al-Zahra, sebuah kota istana Moor yang luas dan dibentengi yang dibangun oleh Abd-ar-Rahman III (912–961). Kompleks marmer dan permata itu dijarah & dihancurkan pertama kali oleh umat Islam, kemudian oleh orang-orang Kristen ketika perang saudara mengakhiri Kekhalifahan Córdoba. Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 2018. [
San Sebastián de Toledo Al-Dabbagin Masjid Toledo 2015 10 26 2803 (26732620315) (cropped) iglesia de San Sebastián.jpg Toledo Castilla–La Mancha   1085~ Dikonversi menjadi gereja setelah 1085 penaklukan daerah Kristen. Direnovasi beberapa kali tetapi struktur interior asli tetap ada. Bangunan sekarang digunakan sebagai gedung konser & pameran. Menara lonceng yang dibangun pada abad ke-15 menunjukkan ciri-ciri bekas menara. Reruntuhan Pemandian Arab di Tenerías tetap lebih rendah di bawah di lereng.   
Small Royal mosque inside Aljafería Palace   La Aljafería 14092014 114703 05575.jpg Zaragoza Aragon 10th century   Terletak di dalam istana berbenteng besar. Sebuah masjid segi delapan kecil, dirancang sebagai pidato pribadi untuk raja dan keluarganya. Arsitektur masjid terinspirasi oleh masjid Córdoba. Aljafería adalah situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1986.  
Mezquita-Iglesia de El Salvador, Toledo   Iglesia del Salvador. Toledo.jpg Toledo Castilla–La Mancha 9th century 1085 Masjid dibangun di atas bekas Visigoth atau substrat Romawi. Sekarang gereja yang dibangun kembali tetapi penggalian mengungkapkan struktur abad ke-9 & elemen masjid - arcade lengkung tapal kuda, menara batu primitif, lantai, halaman dengan tangki.  
Alminar de Árchez, Alminar Mudéjar (Mudejar Minaret of Árchez) Masyid al-Ta`ibin, Mezquita de los Conversos (Mosque of convert) Alminar 1.jpg Árchez Andalusia   14th century Only 15 meter tall minaret remains, used as bellfry of Árchez church built on mosque location. Minaret is an Almohade architecture monument and only remaining jewel of Nazarí period.[20]  
San Sebastian Minaret (Alminar De San Sebastian)   Ronda Minaret-Kirchturm2004.jpg Ronda Andalusia   1485 Hanya tersisa menara setinggi 15 meter, digunakan sebagai lonceng gereja Árchez yang dibangun di lokasi masjid. Menara adalah monumen arsitektur Almohade dan hanya permata yang tersisa dari periode Nazarí  
Alminar de San Juan (Minaret of San Juan)   Cordoue (3873429397).jpg Córdoba Andalusia 930   Hanya sisa-sisa menara masjid yang dibangun pada 930 selama Khalifah Umayyah Spanyol ke-1 'Abd al-Rahman III. Sekarang lonceng gereja San Juan.  
Iglesia de Santiago del Arrabal, Toledo   Iglesia de Santiago del Arrabal en Toledo.jpg Toledo Castilla–La Mancha     Dikonversi menjadi gereja pada 1223-25. Menara era kekhalifahan bertahan. Gereja adalah mahakarya gaya Mudéjar, dibangun pada 1245-47 di atas bangunan masjid dan Visigoth sebelumnya. [22]
Church of Nuestra Señora de la Encarnación (Benaque, Macharaviaya)   Benaque.jpg Macharaviaya Andalusia     Salah satu dari sedikit masjid yang dilestarikan dengan menara asli dan blok bangunan kokoh yang dibangun dari batu bata & batu. Interior ruang doa persegi tunggal tunggal sekarang menjadi gereja. Kiblat masjid ke arah Makah menghadap dinding pada tahun 2003 menunjukkan konstruksi masjid asli dan pekerjaan abad ke-19. Dokumen era Reconquesta mengatakan "... Sementara itu adalah kunjungan dan reformasi rumah-rumah di alcayua (atau alamiya) di Benaque, penduduk menggunakan masjid sebagai gereja paroki, di mana mereka memiliki gambar dan mendengar ..." . [23]

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement