Ahad 30 Aug 2020 06:37 WIB

Gilgit Stan, Pegunungan Indah di Kawasan Pakistan Utara

Pegunungan Indah di Kawasan Pakistan Utara.

Wilayah pegunungan Gilgit Baltistan
Foto: google.com
Wilayah pegunungan Gilgit Baltistan

REPUBLIKA.CO.ID -- Pegunungan Gilgit-Balistan (bahasa Urdu: گلگت - بلتستان) adalah wilayah entititas politik paling utara di Pakistan. Wilayah ini dikenal dengan wilayah berbatasan dengan Khyber Pakhtunkhwa, Wakhan di AfghanistanChina dan Azad Kashmir serta Jammu dan KashmirIndia.

Gilgit–Baltistan seluas 72.971 km ² dan didominasai wilayah pergunungan. Penduduk sekitar 1,000,000 orang. Wilayah ini beribu kota di Gilgit dengan penduduk berjumlah 216,760 jiwa.

Wilayah Indah dan Sedang dikenalkan sebagai wisata dunia di Pakistan disebut sebagai wilayah utara. Daerah  otonom ini dibentuk dari gabungan Badan Gilgit dengan daerah Baltistan dari Wazarat Ladakh, dan Hunza serta Nagar. 

Kawasan Gilgit Baltistan satu dari kawasan paling spektakuler di utara Pakistan. Kawasan yang berada di pertemuan tiga puncak tertinggi di dunia masing masing Pegunungan KarakorumHindu Kush dan Himalaya. Menjadikan kawasan ini sebagai salah satu kawasan yang berada di atap dunia.

In a recent ruling, the Pakistan Supreme Court allowed Islamabad to amend a 2018 administrative order to conduct general elections in the region. The Gilgit-Baltistan Order of 2018 provided for administrative changes, including authorising the PM of Pakistan to legislate on an array of subjects.

 

Mengutip Wikipedia, Keseluruhan kawasan Gilgit–Baltistan merupakan surga bagi para pendaki gunung, pemanjat tebing, trekker, dan hiker. Kawasan ini juga merupakan kawasan bersejarah yang kaya dengan warisan budaya dan beragam flora dan fauna langka. Kawasan bersejarah Gilgit–Baltistan, sekian lama menjadi pusat perebutan kekuasan politik maupun militer antara emporium Russia, Inggris Raya dan China. Sampai kemudian berakhirnya kekuasaan Inggris di Anak Benua India tahun 1947, warga di kawasan ini memilih untuk bergabung dengan Pakistan melalui sebuah pemberontakan lokal yang begitu terkenal melawan Maharaja Kashmir.

Wilayah Kashmir kini tercabik cabik ke dalam territorial tiga Negara, sebagian besar masuk ke dalam wilayah India sebagai Negara bagian Jammu & Kasmir (termasuk wilayah Ladakh) sebagian besar lagi masuk ke dalam wilayah Pakistan menjadi provinsi Utara termasuk Baltistan, serta sebagian kecil lagi masuk ke dalam teritori China menjadi provinsi Aksai Chin, bertetangga dengan wilayah otonomi Tibet. Namun hingga kini, Salah satu negeri atap dunia ini terus saja menjadi titik ketegangan antara Pakistan, India dan China.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement