Jumat 23 Oct 2020 13:46 WIB

Akibat Hujan, Menara Masjid Tertua di Hyderabad Hancur

Salah satu masjid tertua di Hyderabad kehilangan menaranya karena hujan deras

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Esthi Maharani
Salah satu masjid tertua di Hyderabad kehilangan menaranya karena hujan
Foto: The Hindu
Salah satu masjid tertua di Hyderabad kehilangan menaranya karena hujan

IHRAM.CO.ID,  HYDERABAD -- Hujan yang berlangsung lama di Hyderabad telah menyebabkan kerusakan besar pada bangunan warisan kota ini. Salah satu masjid tertua di Hyderabad kehilangan menaranya karena hujan yang terus menerus.

"Saya mendengar suara keras dan kemudian kami kehilangan listrik. Kami bergegas keluar untuk melihat tumpukan puing. Untung saja tidak ada yang terluka," kata seorang warga Shaikpet, Renuka.

Masjid tersebut berada dikelilingi oleh rumah, toko, dan kandang kerbau. Puing-puing telah dibersihkan dan dibuang di bagian belakang masjid.

“Sebagian besar masjid di daerah itu tidak memiliki prasasti, jadi saya menentukan tanggalnya dengan menggunakan rangkaian perubahan gaya dan tanggal perkiraan. Masjid besar di Shaikpet serai berasal dari prasasti hingga 1633 M, tetapi ada masjid lain di daerah itu.  yang terjadi sebelum dan sesudahnya," kata Robert Simpkins, Profesor Antropologi di Porterville College, yang telah mempelajari masjid dan serais (penginapan pinggir jalan) di Hyderabad yang berasal dari periode itu.

 

"Ini adalah berita baru bagi kami. Kami telah membujuk Departemen Arkeologi dan Museum untuk mengizinkan kami membersihkan masjid selama empat bulan  kembali karena ada tumbuh tumbuhan. Tapi segera setelah kami bersihkan mereka menguncinya," kata seorang petugas Wakaf Telangana.  

Masjid merupakan properti wakaf, pemeliharaannya menjadi tanggung jawab Departemen Arkeologi dan Museum Telangana.  Masjid ini memiliki sisa-sisa ubin keramik biru di salah satu menara yang masih utuh.  Selesai dengan mortar batu kapur, masjid ini merupakan representasi dari arsitektur era Qutb Shahi dengan penggunaan plesteran yang memerah dan penggunaan pola vegetal dan geometris secara liberal.  

Hujan yang berlangsung lama di Hyderabad telah menyebabkan kerusakan besar pada warisan kota termasuk Benteng Golconda.  Beberapa kerusakan baru terlihat sekarang karena Rabu adalah hari pertama tanpa hujan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement