Sabtu 07 Nov 2020 05:30 WIB

Pernah Dengar Istilah Haji Akbar? Ini Maksudnya

Secara bahasa haji akbar berarti haji besar.

Pernah Dengar Istilah Haji Akbar? Ini Maksudnya. Jamaah haji berdoa di Jabal Rahmah saat berwukuf di Padang Arafah, Makkah, Arab Saudi.
Foto: Amr Nabil/AP
Pernah Dengar Istilah Haji Akbar? Ini Maksudnya. Jamaah haji berdoa di Jabal Rahmah saat berwukuf di Padang Arafah, Makkah, Arab Saudi.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Secara bahasa haji akbar berarti haji besar. Pernyataan haji akbar tercantum dalam Alquran surat At-Taubah (9) ayat tiga. 

وَاَذَانٌ مِّنَ اللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖٓ اِلَى النَّاسِ يَوْمَ الْحَجِّ الْاَكْبَرِ اَنَّ اللّٰهَ بَرِيْۤءٌ مِّنَ الْمُشْرِكِيْنَ ەۙ وَرَسُوْلُهٗ ۗفَاِنْ تُبْتُمْ فَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْۚ وَاِنْ تَوَلَّيْتُمْ فَاعْلَمُوْٓا اَنَّكُمْ غَيْرُ مُعْجِزِى اللّٰهِ ۗوَبَشِّرِ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا بِعَذَابٍ اَلِيْمٍۙ - ٣

Baca Juga

Arab-Latin: Wa ażānum minallāhi wa rasụlihī ilan-nāsi yaumal-ḥajjil-akbari annallāha barī`um minal-musyrikīna wa rasụluh, fa in tubtum fa huwa khairul lakum, wa in tawallaitum fa'lamū annakum gairu mu'jizillāh, wa basysyirillażīna kafarụ bi'ażābin alīm

Artinya: "Dan satu maklumat (pemberitahuan) dari Allah dan Rasul-Nya kepada umat manusia pada hari haji akbar, bahwa sesungguhnya Allah dan Rasul-Nya berlepas diri dari orang-orang musyrik. Kemudian jika kamu (kaum musyrikin) bertobat, maka itu lebih baik bagimu; dan jika kamu berpaling, maka ketahuilah bahwa kamu tidak dapat melemahkan Allah. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang kafir (bahwa mereka akan mendapat) azab yang pedih."

Haji akbar adalah haji yang terjadi pada tahun 9 Hijriyah yang juga dikenal dengan haji wada. Pada tahun 9 Hijriyah tersebut, wukuf di Arafah jatuh pada hari Jumat. 

Maka, lahirlah pendapat kalau wukuf terjadi pada Jumat disebut dengan haji akbar. Namun, hal-hal yang berkaitan dengan ritual, nilai dan aturan-aturan haji lainnya tidak ada perbedaan dengan tahun haji yang hari wukufnya bukan hari Jumat.

sumber : Arsip Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement