Selasa 17 Nov 2020 22:02 WIB

Korsleting Sebabkan Kebakaran di Masjid Bersejarah Istanbul

Kobaran api berasal dari kabel listrik dan kemudian menyebar ke seluruh gedung.

Korsleting Sebabkan Kebakaran di Masjid Bersejarah Istanbul. Masjid Vanikoy
Foto: AP
Korsleting Sebabkan Kebakaran di Masjid Bersejarah Istanbul. Masjid Vanikoy

IHRAM.CO.ID,ISTANBUL -- Kebakaran yang memusnahkan masjid Vanikoy abad ke-17 di sepanjang Bosporus disebabkan oleh korsleting, Departemen Pemadam Kebakaran Istanbul mengatakan Selasa (17/11).

Dilansir dari Daily Sabah, Selasa (17/11), kebakaran terjadi Minggu sore di masjid bersejarah di distrik Üskudar Istanbul.

Menurut pemadam kebakaran, kobaran api berasal dari kabel listrik dan kemudian menyebar ke seluruh gedung, dengan konstruksi kayu masjid yang mempercepat nyala api. Sementara puluhan petugas pemadam kebakaran dan beberapa kendaraan segera diberangkatkan ke lokasi kejadian, masjid ikon Istanbul itu masih tersisa dengan kerusakan yang cukup parah.

Mendengar tentang kebakaran tersebut, Presiden Recep Tayyip Erdoğan menyatakan bahwa dia kesal dengan insiden yang tidak menguntungkan tersebut dan bersumpah untuk mengembalikan masjid ke kejayaannya seperti semula. “Kami berharap masjid akan direstorasi sesuai dengan tekstur sejarah dan asalnya, meninggalkan warisan untuk generasi mendatang,” kata Presiden.

Masjid satu menara ini dibangun oleh Vani Mehmet Efendi pada tahun 1670, pada masa pemerintahan Ottoman Sultan Mehmed IV.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement