Rabu 18 Nov 2020 21:15 WIB

Masjid Bersejarah Istanbul akan Dipulihkan Setelah Kebakaran

Masjid yang terletak di distrik Uskudar akan dipugar sesuai dengan rencana aslinya.

Masjid Bersejarah Istanbul akan Dipulihkan Setelah Kebakaran. Masjid Vanikoy
Foto: AP
Masjid Bersejarah Istanbul akan Dipulihkan Setelah Kebakaran. Masjid Vanikoy

IHRAM.CO.ID,ISTANBUL -- Pemugaran Masjid Vanikoy abad ke-17 Istanbul, yang habis terbakar akibat korsleting pada hari Ahad, akan selesai dalam dua tahun, kata Gubernur Istanbul Ali Yerlikaya Rabu (18/11).

Dilansir dari Daily Sabah (18/11), Gubernur mengatakan api membakar salah satu bangunan terindah di Istanbul, menambahkan bahwa situasinya terkendali setelah sejumlah besar petugas pemadam kebakaran dikirim ke tempat kejadian untuk memadamkan api dari darat dan laut.

Gubernur menambahkan bahwa masjid, yang terletak di distrik Uskudar, akan dipugar sesuai dengan rencana aslinya. “Jika restorasi tidak cukup dan perlu proyek rekonstruksi, kami akan segera mulai bekerja. Kami memiliki semua data untuk ini. Sebelumnya, gambar pemindaian laser 3D masjid direkam dengan teknologi canggih,” kata Yerlikaya.

Menurut petugas pemadam kebakaran, kobaran api yang terjadi pada Ahad sore berasal dari kabel listrik sebelum menyebar ke seluruh gedung, dengan kerangka kayu masjid yang menyulut api.

Sementara puluhan petugas pemadam kebakaran dan beberapa kendaraan segera diberangkatkan ke lokasi kejadian, masjid masih mengalami kerusakan yang cukup parah.

Yerlikaya mengatakan bahwa penyelidikan kebakaran sedang berlangsung, menambahkan bahwa mereka akan terus melindungi tempat-tempat bersejarah, yang merupakan "peninggalan nenek moyang kita".

“Merupakan tanggung jawab kami untuk melindungi mereka untuk generasi mendatang. Kami juga merasakan tanggung jawab ini secara mendalam untuk Masjid Vaniköy. Kami tidak bisa membuang waktu, ”katanya.

Mendengar tentang kebakaran itu, Presiden Recep Tayyip Erdoğan mengatakan dia kesal dengan insiden malang itu dan berjanji untuk mengembalikan masjid ke kejayaannya seperti semula. “Kami berharap masjid akan direstorasi sesuai dengan struktur sejarah dan asalnya, meninggalkan warisan untuk generasi mendatang,” kata Presiden.

Masjid satu menara ini dibangun oleh Vani Mehmet Efendi pada tahun 1670, pada masa pemerintahan Ottoman Sultan Mehmed IV.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement