Senin 14 Dec 2020 14:01 WIB

Kisah Kesembuhan Para Ulama dari Penyakit dengan Air Zamzam

Air Zamzam dapat menyembuhkan seluruh penyakit yang beragam bentuknya.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Fakhruddin
Kisah Kesembuhan Para Ulama dari Penyakit dengan Air Zamzam. Sumur Zamzam.
Foto: Maccacentre.com
Kisah Kesembuhan Para Ulama dari Penyakit dengan Air Zamzam. Sumur Zamzam.

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Air Zamzam merupakan air terbaik di dunia. Keberkahan Zamzam ini bisa menjadi salah satu Syifa (obat) bagi orang yang berpenyakit orang-orang terdahulu. 

Kisah kesembuhan dengan pengobatan menggunakan air Zamzam orang-orang dikisahkan Abu Thalhah Muhammad Yunus Abdussttar dalam kitabnya "Kaifa Tastafidumi min al-Haramain asy-Syarifain Ayyuha az-Zair wa al-Muqim Ahwal an-Nabi fi al-Hajj".

Abu Thalhah seperti diterjemaahkan oleh Nashirul Haq.Lc dan Fatkhurozi Lc dengan judul  "Haji, Jalan-jalan atau ibadah" mengatakan, Rasulullah mentahnik Hasan dan Husein dengan air Zamzam. 

Hubaib, bin Abi Tsabit berkata aku bertanya kepada Atha. "Apakah aku harus membawa air Zamzam?" Dia menanyakan tentang bekal yang harus dibawanya untuk pergi dari kota Mekah ke kota lainnya. Atha menjawab. "Ya Rasulullah selalu membawa air Zamzam dalam botol. Beliau juga menggunakan air Zamzam untuk mentahnik Hasan dan Husain dengan menggunakan kurma ajwa." dalam menafsirkan firman Allah dalam surat Ibrahim ayat 37 yang artinya. "Ya Allah aku telah menempatkan sebagian keturunanku...."

Al-Qurtubhi mengatakan, Rasulullah bersabda air Zamzam sesuai dengan niat seseorang ketika hendak meminumnya. Jika kamu meminumnya agar disembuhkan dari penyakit, maka Allah akan menyembuhkan penyakit itu, jika kamu meminumnya agar kenyang, maka Allah akan membuatmu kenyang. Jika kamu meminumnya agar menghilangkan rasa hausmu maka Allah akan menghilangkan rasa hausmu. Air Zamzam adalah hasil galian malaikat Jibril dan merupakan minuman yang diberikan Allah kepada Nabi Ismail.

Ikrimah mengatakan, jika Ibnu Abbas meminum air Zamzam dia akan berdoa. "Ya Allah aku memohon ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas dan disembuhkan dari segala penyakit."

Ibnu Arabi berkata, "Air ini akan tetap ada hingga hari kiamat bagi orang yang berniat benar bermaksud hati baik, tidak berdusta dan tidak meminumnya karena ingin menguji kebenaran sabda Rasulullah. Sesungguhnya Allah akan bersama orang-orang yang bertawakkal dan Dia akan menyiksa orang-orang yang hanya berniat menguji."

Putra Imam Ahmad bin Hambal pernah bercerita, "Aku pernah melihatnya (ayahnya) meminum air Zamzam dan meminta agar disembuhkan penyakitnya dengan air itu. Dia lalu mengusap kedua tangan dan wajahnya dengan air itu."

Ibnu Qayyim pernah berkata, "Aku dan yang lainnya pernah mencoba menyembuhkan penyakit yang aneh dengan air Zamzam, dengan izin Allah aku dapat bebas dari penyakit itu."

Dia juga berkata aku pernah tinggal di kota Makkah dalam keadaan sakit. Aku tidak mendapatkan dokter dan obat-obatan. Maka, aku berusaha berobat dengan air Zamzam dengan mengucapkan firman Allah. "Hanya kepadamu aku menyembah dan hanya kepadamulah aku memohon pertolongan."

Lalu aku mengambil air Zamzam dan membaca firman Allah itu beberapa kali. Lalu, aku minum air itu dan tidak lama setelah itu akupun dapat sembuh total. Aku pun kemudian selalu bersandar pada air ketika sering merasa lapar. "Aku benar-benar memperoleh manfaat darinya," kata Ibnu Qayyim.

Imam Sya'rani juga pernah sembuh dari penyakit perutnya dengan meminum air Zamzam. Dia berkata, "Ketika aku menunaikan ibadah haji pada tahun 947 h dalam perutku ada bisul sebesar buah semangka. Para ilmuwan di Mesir sepakat untuk membelah punggungku dan mengeluarkan bisu itu dari belakang. Lalu aku mendapatkan Ilham dari Allah untuk meminum air Zamzam setelah melakukan tawaf Wada dengan niat agar dapat disembuhkan dari penyakit. Setelah meminum air Zamzam aku merasakan panas di dalam perutku hingga seperti terbakar. Lalu keluarlah cairan hitam yang bergumpal kecil. Gumpalan itu keluar hingga memenuhi mangkuk. Hal seperti ini tidak dapat dilakukan oleh para ilmuwan manapun." 

Abu Thalhah Muhammad Yunus Abdussttar mengatakan, banyak orang yang memperoleh kesembuhan melalui air Zamzam. Riwayat- riwayat tentang kesembuhan dari penyakit dengan menggunakan air zam-zam ini sangat banyak. 

Sampai-sampai Imam Al Qazwini yang wafat pada tahun 862 Hijriyah berkata. "Air Zamzam dapat menyembuhkan seluruh penyakit yang beragam bentuknya. Khalayak pernah berkata jika seluruh orang yang disembuhkan oleh para dokter dikumpulkan maka tidak akan sebanding dengan orang yang pernah disembuhkan oleh Allah Dengan meminum air Zamzam."

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement