Menteri Pendidikan Saudi: Bahasa Arab Identitas Nasional

Ahad , 20 Dec 2020, 05:13 WIB Reporter :Rossi Handayani/ Redaktur : Ani Nursalikah
Menteri Pendidikan Saudi: Bahasa Arab Identitas Nasional. Petunjuk di Masjid al-Haram tidak Ada yang berbahasa Indonesia. Hanya ada bahasa Arab, Inggris, dan Urdu.
Menteri Pendidikan Saudi: Bahasa Arab Identitas Nasional. Petunjuk di Masjid al-Haram tidak Ada yang berbahasa Indonesia. Hanya ada bahasa Arab, Inggris, dan Urdu.

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Menteri Pendidikan Arab Saudi Hamad Al-Sheikh mengatakan, bahasa Arab merupakan salah satu pilar terpenting dan menonjol dari budaya Arab

 

Terkait

Kementerian pendidikan sangat tertarik merayakannya," ujarnya dalam rangka Hari Bahasa Arab Sedunia, Jumat (18/12).

Baca Juga

Dilansir di Saudi Gazette, Sabtu (19/12), Ia juga mengatakan bahasa merupakan pilar fundamental dari identitas bangsa, serta keberagaman budaya dan peradaban di Kerajaan. Dalam kesempatan ini dia juga menyampaikan upaya yang dilakukan oleh lembaga pendidikan untuk melayani semua aspek bahasa, mendefinisikan dan melestarikannya, bangga dengan nilai-nilainya, dan menanamkannya di hati siswa. 

Al-Sheikh mengatakan, institusi tersebut melakukan kegiatan, program, dan acara untuk memberdayakan bahasa Arab. Mereka juga tertarik dengan kaligrafi Arab, karena merupakan elemen dasar dalam estetika bahasa Arab.

Dia mengungkapkan, bahasa Arab memiliki kehadiran yang luar biasa di kancah internasional dengan manifestasi budaya, intelektual, ekonomi, politik, dan komunikasinya. Ini merupakan salah satu dari enam bahasa resmi yang disetujui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan salah satu bahasa kerjanya.

Al-Sheikh mencatat status bahasa Arab berasal dari dua dimensi utama, pertama yakni bahasa Alquran, dan juga sebagai penghubung antarorang yang menuturkannya. Oleh karena itu, menjadi tanggung jawab bersama untuk melayani dan mempromosikannya.

"Pemerintah Saudi ingin melakukan segala sesuatu yang akan berkontribusi pada penyebaran bahasa Arab, meningkatkan kehadiran globalnya, dan mendukung program dan proyek internasional yang mempromosikannya," katanya.

Al-Sheikh mengacu pada upaya yang dilakukan oleh kementeriannya dalam melayani bahasa Arab secara internal dan eksternal dengan mengikuti kompetisi Arab, membuka pusat-pusat, di samping memfokuskan pada keterampilan membaca, menulis, dan kaligrafi dalam kurikulum pendidikan, dan menyediakan program-program yang meningkatkan keterampilan di kalangan siswa dan guru.

https://saudigazette.com.sa/article/601574/SAUDI-ARABIA/Arabic-language-fundamental-pillarof-national-identity-says-Al-Sheikh

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini