Rabu 06 Jan 2021 21:59 WIB

Gubernur Maluku Lepas Ekspor 15 Ton Tuna Segar ke Jepang

Ekspor pertama di tahun 2021 tersebut ditandai dengan pemasangan label Bea Cukai

Gubernur Maluku Lepas Ekspor 15 Ton Tuna Segar ke Jepang (ilustrasi).
Foto:

 

Gubernur menyatakan beberapa waktu lalu bertemu pimpinan maskapai Garuda Indonesia untuk berdiskusi beberapa hal penting, yang kemudian ditindaklanjuti dengan pengoperasian penerbangan kargo dari Kota Ambon menuju bandara Narita Jepang melalui Manado Sulawesi Utara.

"Penerbangan kargo secara langsung ke Jepang ini memberikan peluang besar bagi para eksportir di Maluku untuk meningkatkan ekspornya, mengingat waktu tempuh lebih cepat dan pengurusan perijinan lebih mudah sehingga kualitas komoditi yang diekspor akan tiba di Jelang dalam kondisi masih segar," katanya.

Dia juga meminta para eksportir di Maluku untuk terus meningkatkan kinerja dan lebih jeli melihat peluang dan inovasi baru.

Pemprov juga terus mendorong pengembangan sektor Kelautan dan Perikanan di Maluku sehingga hasil laut benar-benar menjadi komoditas unggulan ekspor yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Ketua Tim Peningkatan ekspor Maluku Ismail Usemahu menyebutkan ekspor tuna segar dengan penerbangan langsung dari Ambon melalui Manado menuju Jepang, merupakan yang pertama kali dilakukan.

Selain dengan penerbangan kargo, tercatat juga masing-masing dua ton ikan tuna segar diekspor dengan dua penerbangan reguler sejak Rabu (6/1) pagi melalui bandara Sorkarno Hatta.

"Total ekspor yang dilakukan dengan pesawat kargo maupun penerbangan reguler yakni 19 ton tuna segar, dengan nilai ekspor 116.433 dolar AS atau sekitar Rp2,5 miliar," katanya.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement