Sabtu 09 Jan 2021 17:33 WIB

Orang Usiran dan Hadiah Sharif Makkah

Sejarah Haji India: Dari Orang Usiran dan Hadiah Sharif Makkah

jamaah haji India turun dari kapal.
Foto:

Pada tahun 984-989 H/1576-1582 M Akbar seorang peziarah haji asal India membawa lebih dari Rs.600.000 uang dan barang untuk dibagikan kepada orang-orang di Makkah dan Madinah. Selain itu dia membaggkan ribuan 'khilats' (jubahkehormatan) dan hadiah yang mewah untuk sharif Makkah.

Pada tahun 1659, Aurangzeb mengirimkan hadiah senilai Rs.600.000 kepada sheriff Makkah. Orang-orang Mughal merasa bahwa bantuan keuangan yang diberikan kepada sheriff akan membawa niat baik bagi peziarah India. Selain itu adanya bantuan maka sharif Makkah secara halus diminta untuk mengawasi mengawasi elemen yang tidak puas yang mencari perlindungan di Makkah.

Para sharif  di Makkah biasanya sering mengirim agen mereka ke pengadilan Delhi untuk mendapatkan bantuan dari kaisar Mughal. Menariknya, meski memiliki sumber dan sarana yang sangat besar, tidak ada penguasa laki-laki Muslim, apakah itu kaisar Mughal paling kuat atau penguasa provinsi Bengal, Bijapur, Gujarat atau Golconda atau Nizams di Hyderabad yang pernah melakukan pelayaran karena melakukan ibadah haji.

-------

TAWAF BERSAMA REMBULAN - Republika Penerbit

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement